Alternatif Pembelajaran On Line
Oleh: Pono, S.Pd.SD
Oleh: Pono, S.Pd.SD
Oleh: Pono, S.Pd.SD
Di awal-awal masuknya virus Corona ke Indonesia masyarakat menyikapinya dengan beragam. Anak-anak sekolah serta guru-guru tidak diperkenankan masuk ke sekolah, dengan maksud memutus mata rantai penyebaran covid-19. Berikutnya anak-anak sekolah dan guru-guru boleh masuk dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sekarang anak-anak tidak diperkenankan ke sekolah lagi sedangkan guru masuk ke sekolah dengan cara bergantian. 25% saja yang masuk ke sekolah untuk melakukan kerja dengan pola WFO, sedangkan 75% dari jumlah guru pada sekolah tersebut melaksanakan kerja dengan pola WFH.
Bagi saya kondisi seperti ini tidak menjadi masalah karena hal tersebut merupakan dinamika yang harus terjadi. Banyak pakar yang memikirkan hal tersebut khususnya mengenai kondisi di masa Pandemi yang memang tidak seorang pun menghendakinya. Terhadap fenomena yang ada kita harus pro aktif mengikuti ketentuan yang berlaku walaupun terkadang mengalami kondisi yang kurang nyaman. Mau di sekolah mau di rumah guru berfikir dan berusaha agar anak-anak memiliki pengalaman belajar yang bermakna di tengah Pandemi. Untuk itu koordinasi antara pihak sekolah dalam hal ini guru dengan murid dan orang tua murid harus berjalan baik.
Untuk menyikapi situasi yang ada agar anak-anak tetap dapat belajar dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta mematuhi ketentuan dari pihak berwenang maka perlu adanya persamaan persepsi antara guru , murid dan orang tua murid. Untuk itu dilaksanakan musyawarah dengan orang tua murid untuk membahas mengenai pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Sekolah mengundang orang tua murid dengan cara yang berbeda dari masa-masa sebelum Pandemi, yaitu dengan mengatur jarak tempat duduk agar tetap sesuai dengan protokol kesehatan, jumlah tempat duduk yang boleh diduduki dalam tiap-tiap ruang, serta mengatur waktu kedatangan agar tidak terjadi kerumunan. Begitu pula cara berjalan menuju ruang musyawarah harus sesuai protokol kesehatan. Di depan pintu gerbang salah satu petugas bersiap mengukur suhu tubuh dari tiap-tiap peserta yang hadir. Alat cuci tangan serta sabun disediakan dan setiap peserta secara bergantian mencuci tangan menggunakan sabun memasuki ruangan. Ruangan yang digunakan telah disemprot dengan disinfektan sebelum orangtua murid hadir. Selesai musyawarah peserta meninggalkan ruangan satu persatu dan berjalan dengan menjaga jarak. Terdengar agak repot, namun itu demi kebaikan bersama semua pihak.
Hasil dari musyawarah orang tua murid menyetujui program yang hendak dilaksanakan pihak sekolah terkait pembelajaran di sekolah, orang tua murid bersedia menjadi penghubung antara guru dan anak-anak, untuk komunikasi serta diskusi lebih lanjut menggunakan Grup WA.
Setelah musyawarah waktu itu komunikasi banyak dilakukan menggunakan ponsel. Pada umumnya orang tua murid telah memiliki ponsel pintar, sehingga komunikas tergolong mudah.
PEMBELAJARAN ON LINE, 2 Perbuari 2021
Oleh: Pono, S.Pd.SD
Sejak mengikuti pelatihan Belajar Menulis PGRI gairah menulis jadi meningkat. Dengan gairah menulis itulah saya memberanikan diri mengikuti program menulis setiap hari di bulan Pebruari 2021. Sebenarnya bukan hanya gairah menulis yang ditimbulkan akibat dari mengikuti pelatihan tersebut, namun teknik penyelenggaraan kegiatan pelatihan yang tergolong unik yaitu pelatihan melalui Grup WA, peserta menuliskan resume pada blog masing-masing peserta.
Terobsesi dari penyelenggaraan pelatihan Belajar Menulis tersebut ditambah pengalaman mengikuti bimtek daring melalui simPKB yang salah satu video materinya menceritakan pembelajaran melalui Grup WA pada jenjang SLTA. Dari pengalaman itulah saya memberanikan diri melaksanakan program pembelajaran on line menggunakan Grup WA, namun tidak sama persis ketika mengikuti pelatihan Belajar Menulis dengan maksud disesuaikan dengan kemampuan anak-anak.
Dari 18 siswa kelas 6 yang mengikuti kegiatan sebanyak 17 siswa. Satu siswa tidak mengikuti tanpa keterangan. Mungkin karena masalah jaringan internet di daerahnya yang kurang stabil. Saya memandu kegiatan dari rumah karena sesuai jadwal hari Selasa saya WFH. Dalam satu pekan saya mendapat jatah tugas WFO sebanyak 2 kali hari Rabu dan Sabtu.
Setelah waktu menunjukkan jam 08.00 saya memasuki kelas maya dan menyapa siswa dengan ucapan salam. Selanjutnya saya memeriksa kehadiran siswa dengan memerintahkan siswa untuk menuliskan nama masing-masing siswa diikuti kata 'hadir'. Sembilan siswa langsung merespon dengan menyatakan kehadiran dengan menuliskan nama diikuti kata tulisan "hadir".
Siswa yang belum hadir ditunggu selama 15 menit. Setelah 15 menit berlalu saya mengajak siswa berdoa. Jeda untuk membaca doa sekitar 1 menit. Dalam tempo waktu 15 menit tidak semua siswa memasuki kelas maya, namun sebagian besar sudah hadir dan siap mengikuti kegiatan. Hanya beberapa gelintir yang baru mengikuti setelah beberapa menit kegiatan berlangsung. Bagi saya itu tidak masalah untuk takaran anak usia SD karena mungkin kondisinya berbeda.
Setelah berdoa dilanjutkan apersepsi untuk mengkondisikan siswa siap mengikuti pembelajaran. Apersepsi dilakukan dengan mengingatkan siswa akan materi sebelumnya. Untuk ini saya mengajukan pertanyaan kepada siswa. Saya bertanya kepada mereka tentang KPK dari 9, 12, dan 16. Atas pertanyaan saya beberapa siswa menjawab dengan dengan jawaban yang masih belum tepat. Namun akhirnya ada juga yang menjawab dengan tepat. Saya memberikan reward dan penguatan terhadap jawaban benar siswa agar siswa yang lain memperhatikannya dan menjadikannya sebagai contoh. Reward dilakukan dengan membalas jawaban siswa dengan tanda jempol. Siswa pun berbondong-bondong mengirim jawaban yang benar. Saya tidak yakin semua siswa telah dapat mengerjakan dengan benar karena kondisi kelas memang selalu bervariasi namun setidaknya mereka telah mengerti dengan belajar dari pengalaman teman bagaimana menjawab soal dengan benar.
Setelah mengulas pembelajaran pekan lalu, dilanjutkan pembelajaran kali ini yaitu;
membuat pohon faktor.
Untuk mengetahui kemampuan dasa siswa dalam mengikuti pembelajaran pada materi yang akan dipelajari hari ini siswa membuat pohon faktor. Saya perintahkan siswa membuat pohon faktor dari bilangan 32.
Peserta yang hadir, langsung menjawabnya. Sebagian jawaban benar, namun sebagian yang lain masih menjawab dengan jawaban yang belum tepat. Untuk mengetahui kemampuan siswa lebih lanjut dalam membuat pohon faktor saya memerintahkan siswa membuat pohon faktor dari bilangan yang berbeda satu sama lain.
Di antara siswa yang hadir, 7 siswa telah mampu membuat membuat pohon faktor dan mengirim jawaban dengan benar. 2 siswa mengirimkan jawaban yang masih belum tepat. Saya mencatat nama-nama siswa yang telah menjawab dengan benar dan memberi penguatan atas jawaban yang benar dengan memberi tanda jempol.
Kedua siswa yang masih menjawab dengan jawaban yang belum tepat saya persilakan memperbaiki jawaban dan mengirim jawaban yang benar ke Grup WA. Hasilnya 1 siswa berhasil memperbaiki dengan mengirim jawaban benar, namun satu siswa masih mengirim jawaban yang belum tepat. Lagi-lagi saya memberi reward atas jawaban benar, sedangkan siswa yang masih menjawab dengan jawaban yang belum tepat dipersilakan memperbaiki jawabannya.
Setelah siswa berlatih membuat pohon faktor, saya menjelaskan faktorisasi prima dari bilangan tersebut.
Tidak lama berselang saya memberikan tugas kepada 8 siswa yang sudah menjawab benar dengan menentukan faktorisasi prima dari bilangan yang saya sebutkan untuk menemukan KPK dari bilangan 48 dan 58. Siswa yang belum menuntaskan tugas sebelumnya tidak ikut melaksanakan tugas yang baru, namun masih mengerjakan tugas sebelumnya. Bagi saya belajar matematika bertahap. Kemampuan dalam satu bidang mempengaruhi bidang lainnya.
Setelah siswa mampu mengerjakan dengan benar, saya memberi tugas kedua yaitu menentukan KPK dari 46 dan 52. Siswa pun mengerjakan dan mengirim jawaban. Saya pun memberi penguatan atas jawaban benar. Dalam menggambar pohon faktor dan menulis bilangan berpangkat siswa melakukannya pada kertas kosong dan memfotonya untuk dikirimkan ke Grup WA. Hal ini karena menurut saya agak sulit dilakukan pada sebagian besar ponsel.
Setelah waktu menunjukkan jam 10.00 saya menutup kegiatan pembelajaran dengan
memberi nasihat kepada siswa untuk terus belajar,
mengucapkan salam,
serta memerintahkan siswa membuat laporan kegiatan dengan format yang telah ditentukan.
Banjarnegara, 2 Pebruari 2021
Pembelajaran On Line Melalui Grup WA
Oleh Pono, S.Pd.SD
Salam literasi,
Halo teman-teman, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengajar kelas 6 di masa Pandemi. Sebagaimana kita ketahui bersama melalui berbagai media massa bahwa dari hari ke hari penyebaran Covid-19 kian meningkat. Ini tentunya menjadikan keprihatinan bagi semua kalangan tanpa terkecuali para guru, peserta didik dan wali murid. Terlebih dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berimplikasi pada tidak diperkenankannya pembelajaran tatap muka di sekolah menjadikan guru harus berpikir keras dalam menyikapinya. Jangan sampai peserta didik tidak belajar sama sekali dalam kurun waktu berbulan-bulan. untuk itu pembelajaran perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Merubah pola pembelajaran dari yang sudah ada dalam waktu relatif cepat mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, namun setidaknya menjaga semangat belajar peserta didik agar tetap membara. dari semangat inilah diharapkan terbangun kemandirian dan ketabahan dalam menghadapi situasi yang sedang berkembang. Siapa yang mandiri tentunya lebih siap dalam menghadapi persaingan hidup yang terbentang luas di masa depan. Perlu mencari cara agar peserta didik tetap belajar dengan arahan dan pantauan guru kelasnya. Dengan pantauan guru kelas kegiatan belajar anak akan lebih terarah dibanding dengan hanya diberi perintah tanpa kontrol. Bagaimanapun pembelajaran tatap muka belum bisa dilaksanakan dengan pertimbangan memutus mata rantai penyebaran covid-19.
Menyikapi keadaan yang tidak memungkinkan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka diperlukan alternatif model pembelajaran yang sesuai dengan situasi pandemi covid-19. Solusinya dengan pembelajaran Daring maupun Luring atau dengan menyatukan kedua model kegiatan tersebut menjadi satu. Sebagian dari teman-teman tentunya sudah akrab dengan kedua istilah di atas bukan? Terlebih di masa pandemi. Kali ini yang akan saya ceritakan adalah mengenai kegiatan pembelajaran dengan cara Daring atau dalam jaringan. yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas internet yang ada.
Sebelum program pembelajaran daring dijalankan, terlebih dahulu dilakukan persiapan yang dimulai dengan melakukan survei lingkungan terlebih dahulu. Survei dilakukan untuk mengetahui kesiapan dari semua pihak jika program dijalankan. Langkah pertama kali yang dilakukan adalah mendata nomor telepon peserta didik atau orang tua dari peserta didik yang memungkinkan anak bisa mengakses program dengan baik, yakni bisa mengakses internet karena program akan dijalankan melalui jaringan internet. Disamping mengumpulkan nomor telepon juga dilakukan sesi tanya jawab mengenai kondisi sinyal internet di sekitar tempat tinggal peserta didik. Kapan waktu internet dapat diakses dengan mudah serta berapa jarak dari rumah ke titik di mana internet dapat diakses dengan mudah. Terkadang pada beberapa rumah karena kondisi geografis, internet tidak dapat diakses dari rumah sepanjang waktu. untuk itu perlu solusi berupa saran atau kesepakatan antara guru, peserta didik dan wali murid.
Setelah pengumpulan data selesai dilakukan, langkah berikutnya menyiapkan perangkat atau media yang akan digunakan. Ada beberapa media yang dapat digunakan, antara lain menggunakan aplikasi Zoom Meeting, YouTube, Blog atau website, serta WA Grup. Dengan berbagai pertimbangan disepakatilah menggunakan salah satu dari media di atas yang paling mudah diakses yaitu WA Grup. Aplikasi Whatsapp memang banyak yang menggunakan untuk komunikasi sehari-hari baik oleh guru maupun wali murid. Dibuatlah WA Grup dengan memasukkan nomor telepon yang dapat diakses oleh semua peserta didik sebagai sasaran. WA Grup digunakan sebagai ganti ruang kelas pada pembelajaran tatap muka. Di dalamnya guru dapat menyampaikan materi , memeriksa kehadiran peserta didik, serta bertanya dan mengevaluasi kinerja, baik kinerja peserta didik maupun pembelajaran itu sendiri. Peserta didik juga bisa menyimak pemaparan materi dari guru, bertanya langsung kepada guru, serta mengirimkan jawaban tugas untuk dievaluasi guru kelas. Begitu pula dengan umpan balik atas jawaban dari setiap tugas yang diberikan.
Sebagaimana pada pembelajaran tatap muka, sebelum dilakukan pemaparan materi, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap kehadiran peserta didik. Sebagai insan beragama tentunya sebelum melakukan pekerjaan yang baik dilakukan pembacaan doa. Setidaknya seperti itu situasi kelas pada umumnya yang diterapkan pula pada kelas On Line. Apersepsi dilakukan dengan melayangkan beberapa pertanyaan ringan kepada peserta didik, agar peserta didik dapat menjawabnya dengan cepat serta dapat digunakan sebagai pemanasan sebelum kegiatan inti dimulai. Agar kelas tidak membosankan dan peserta didik tetap memperhatikan, pemaparan materi tidak terlalu lama, namun diselingi dengan pertanyaan - pertanyaan mudah untuk menarik minat dan perhatian peserta didik. Jika ada peserta didik yang perlu bertanya , maka disediakan waktu untuk bertanya dan konsultasi baik terkait pembelajaran maupun mengenai jadwal pengerjaan tugas serta teknik evaluasi. Evaluasi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran On Line adalah dengan mengirimkan Laporan kegiatan Pembelajaran On Line secara sederhana yang dikirimkan langsung ke nomor guru. Tujuannya agar jawaban peserta didik yang beragam tidak menjadikan suasana kacau dalam kelas On Line.
Demikianlah cerita pembelajaran On Line melalui WA Grup yang saya sharingkan kali ini.
Salam literasi,
Terinspirasi dari video materi Bimtek Guru Belajar Seri Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan secara daring oleh kemdikbud dan Pelatihan Belajar Menulis PGRI yang diselenggarakan oleh KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog) saya menerapkan pembelajaran On Line melalui aplikasi Whatsapp.
Pembelajaran dilaksanakan melalui WA Grup. Itulah yang saya lakukan hari ini dalam mengimplementasikan program WFH (Work From Home). Kelas Maya saya bangun menggunakan WA Grup dengan nama Grup Kelas 6. Pesertanya adalah anak-anakkelas 6. Semua siswa masuk Grup Kelas 6 dengan dengan nomor WA yang mereka miliki. Sebagian menggunakan ponsel milik orang tua. Sebagian masuk menggunakan ponsel yang dianggap milik anak namun disimpan orang tua dan diberikan kepada anak ketika pembelajaran berlangsung.
Kegiatan dimulai jam 08.00 hingga jam 10.30. Pada waktu-waktu yang lalu terkadang pembelajaran diakhiri jam 10.00, namun mengingat materi kali ini cukup ringan, maka durasi diperpanjang.
Materi pembahasan adalah KPK. Pembelajaran dimulai dengan memahami kata kunci yaitu memahami makna dari kelipatan dan persekutuan. Sebagai stimulus agar mereka merasa ringan dalam berpikir disebutkan kelipatan 1 dan kelipatan 2. Selanjutnya anak-anak menyebutkan kelipatan 3 secara runtut. Setelah menyebutkan kelipatan, menentukan bilangan yang sama, yaitu bilangan yang muncul pada baris bilangan kelipatan 2 dan muncul pada baris bilangan kelipatan 3. Ditemukannya bilangan tersebut berarti kelipatan persekutuan sudah ditemukan. Untuk menentukan KPK tinggal menemukan bilangan terkecil dari bilangan-bilangan tersebut. Semua anak menjawab dengan cepat, seolah merasa bahwa yang dipelajarinya tergolong mudah.
Dengan cara yang sama anak-anak menentukan KPK dari 6 dan 8, menentukan KPK dari 10 dan 12, menentukan KPK dari 8, 10 dan 12. Kesemuanya dapat dijawab dengan benar. Meski ada satu atau dua yang menjawab kurang benar kemudian diikuti jawaban yang benar. Penguatan dilakukan bagi merespon jawaban anak baik terkait cara penulisan maupun ketelitian agar dalam menuliskan bilangan tidak ada yang tertinggal atau lupa ditulis.
Menentukan KPK dengan satu cara sudah dapat dilakukan selanjutnya menuju ke cara yang lain. Namun kali ini baru permulaan dengan mengenal faktor, bilangan prima dan faktor prima.
Pertama-tama menyebutkan pengertian faktor, disajikan faktor dari 6 dan 8, serta menentukan faktor dari 12 dan 24. Setelah anak-anak dapat menentukan faktor dari 12 dan 24, menentukan banyaknya faktor bilangan 1 dan banyaknya faktor bilangan 2.
Disajikan urutan bilangan kelipatan 1, anak-anak menyebutkan bilangan-bilangan yang hanya memiliki 2 faktor. Penguatan dilakukan bahwa bilangan yang miliki dia faktor dinamakan bilangan Prima.
Antusias anak-anak tampak jelas dalam pembelajaran, yang tercermin dari kecepatan mereka merespon stimulus berupa pertanyaan dan menanggapi pemaparan materi. Di antara mereka ada yang sudah stand by sebelum pembelajaran dimulai. Dimas bahkan bertanya secara pribadi mengenai apakah pembelajaran on line.akan dilaksanakan. Pertanyaan itu dilayangkan tepat jam 08.00. Dengan spontan saya.pun menjawab bahwa pembelajaran akan dimulai. Saya pun segera membuka WA Grup dan memeriksa kehadiran anak-anak. Sudah separoh anak-anak hadir diikuti anak-anak yang menyusul. Sehingga hampir semua mengikuti pembelajaran dari awal.
Setelah pembelajaran selesai, anak-anak menulis laporan kegiatan di WAGrup dengan format yang sudah ditentukan.
Pemilihan pengurus dan pengawas KPRI Tanggap Pandanarum berlangsung dengan khikmat.
Pemilihan tahun ini berbeda dengan pemilihan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya acara pemilihan pengurus dan pengawas dilaksanakan di ruangan yang dihadiri oleh pemilih dan calon pengurus serta calon pengawas. Namun pada pemilihan calon pengurus dan pengawas KPRI Tanggap kali ini dilaksanakan di dua tempat.
Model pemilihan seperti ini dikarenakan masih berada di masa pandemi. Tujuannya agar agenda pemilihan calon pengurus dan pengawas berjalan sesuai jadwal namun tetap dapat menerapkan protokol kesehatan, agar dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.
Pemilihan calon pengurus dan pengawas dilaksanakan di dua tempat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak aman covid. Jumlah peserta pun dibatasi pada tiap-tiap lokasi. Pemilihan kali ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pemungutan suara dan tahap penghitungan suara.
Pemungutan suara dilaksanakan di sekolah-sekolah tempat anggota koperasi bertugas. Sedangkan penghitungan suara dilaksanakan di aula korwildikpora kecamatan Pandanarum. Tahap pemungutan suara dihadiri oleh guru di lingkup SD masing-masing dan panitia pemilihan. Sedangkan penghitungan suara dihadiri oleh panitia bersama calon pengurus dan pengawas.
Tahap pemungutan suara dilaksanakan mulai jam 08.00 hingga 12.00, sedangkan penghitungan suara laksanakan jam 13.00 hingga selesai. Adapun teknis pemilihan, panitia berkunjung ke sekolah-sekolah dengan membawa amplop yang berisi surat suara calon pengurus dan calon pengawas serta daftar hadir anggota yang notabene seorang pendidik/tenaga kependidikan di lingkungan korwildikpora kecamatan Pandanarum . Setibanya panitia dengan amplop yang berisi surat suara serta daftar hadir disambut oleh guru di lingkungan sekolah tersebut. Selanjutnya masing masing anggota koperasi yang hadir di sekolah menerima amplop yang berisi surat suara calon pengurus dan surat suara calon pengawas. Kemudian anggota melakukan pemungutan suara dengan cara mencontreng nomor urut calon atau nama calon pengurus dan nomor urut calon atau nama calon pengawas. Setelah melakukan pencontrengan, anggota memasukan kembali surat suara yang telah dicontreng ke dalam amplop. Selanjutnya panitia membawa amplop berisi surat suara calon pengurus dan surat suara calon pengawas yang telah dicontreng tersebut ke aula korwildikpora kecamatan Pandanarum untuk dilakukan penghitungan suara pada waktu yang telah ditentukan.
Rapat penghitungan suara dilaksanakan di aula korwildikpora kecamatan Pandanarum setelah rapat pemungutan suara selesai dilaksanakan. Calon pengurus dan calon pengawas menyaksikan penghitungan suara yang dilakukan oleh panitia. Calon pengurus terdiri dari enam orang dan calon pengawas terdiri dari enam orang. Pemilihan calon pengurus dan calon pengawas kali ini untuk memilih calon pengurus dan calon pengawas guna menduduki jabatan pengurus sebanyak tiga orang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara, serta tiga orang mengisi lowongan badan pengawas yang terdiri dari satu orang ketua dan dua orang anggota.
Setelah dilakukan pemungutan dan penghitungan suara dilanjutkan dengan rapat formatur, menentukan penjabat ketua, sekretaris dan bendahara koperasi serta ketua dan anggota Badan Pengawas. Rapat formatur dipimpin penasihat yang juga menghadiri rapat penghitungan suara.
Panitia Pemilihan yang bekerja dengan luar biasa semangat terdiri dari delapan orang guru di jajaran korwildikpora kecamatan Pandanarum, yaitu;
Ketua : Asep Pratomo, S.Pd.
Sekretaris : Arif Budi Permana, S.Pd.
Bendahara : Heru Marsongko, S.Pd.
Anggota :
Arifin Wijaya, S.Pd.SD
Setiawan, S.Pd.
Slamet Suryanto, S.Pd.
Eni Astuti, S.Pd.SD
Sri Wurningsih, S.Pd.SD