Pembelajaran di masa Pandemi Covid -19


Bagi seorang pendidik, banyak hal dapat dilakukan  di masa Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.  Salah satunya adalah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kalau di masa normal sebelum Pandemi Covid 19 pembelajaran biasa dilakukan secara klasikal di ruang kelas atau dimodifikasi  dengan beberapa model pembelajaran yang lebih menantang. Namun di masa Pandemi Covid 19 hampir tidak mungkin dilakukan. 

Kenapa ? 

Tentunya karena mempertimbangkan berbagai kemungkinan dan resiko. Terutama masalah keselamatan jiwa, baik pendidik maupun peserta didik. Siapa pun tidak ada yang menginginkan adanya Covid 19 yang mewabah tentunya. Namun apa boleh buat. Semua sudah terjadi. Kita tinggal menjalani situasi  saat ini. Jika kita mau berpikir, apapun yang terjadi saat ini perlu disikapi dengan bijak agar dapat mengurangi resiko di segenap bidang. Baik kesehatan, ekonomi maupun pendidikan.

Kalau harus memilih di antara yang baru disebutkan tadi, mana yang lebih diutamakan ???

Semua perlu diprioritaskan, karena merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Terus, apa yang dapat kita lakukan ??? 

Seorang pendidik tentunya harus memutar otak lebih keras lagi guna menyikapi  masalah pendidikan di masa Pandemi Covid 19. Jangan khawatir.. !!! Banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Agar PJJ dapat berlangsung dengan baik, perlu dilakukan persiapan yang matang. Ada beberapa model PJJ yang dapat dilakukan, antara lain; Daring (dalam jaringan), Luring (luar jaringan), serta model Blended Learning (pembelajaran terpadu). Model mana yang akan dipilih ? Tentunya berdasarkan berbagai pertimbangan. 

Di antara ketiga model yang disebutkan di atas, model Blended Learning  bisa dikatakan sedang populer karena fleksibel dan dianggap bisa diterapkan di berbagai situasi.

Jika sudah punya niat untuk melaksanakan pembelajaran dengan model Blended Learning, lalu apa yang diperhatikan untuk disiapkan?

Komunikasi dengan orang tua peserta didik maupun dengan peserta didik langsung menjadi sangat penting sebelum melakukan pembelajaran. Dari situ bisa mendapatkan beberapa informasi penting guna mendukung keberlangsungan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Di antaranya adalah,  apakah di rumah tersedia fasilitas 'hape' dan internet? Bagaimana karakteristik atau kebiasaan peserta didik ketika berada di rumah?   Apa pekerjaan orang tua? Dapatkan orang tua menemani   peserta didik belajar setiap hari? Berapa jauh jarak rumah satu peserta didik dengan peserta didik yang lain?

Informasi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya sangat bermanfaat guna menunjang keberlangsungan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Informasi tersebut juga dapat dijadikan acuan guna menentukan teknik yang akan dijalankan pada proses pembelajaran. Apakah pembelajaran dapat dilakukan melalui fasilitas internet dengan menggunakan aplikasi whatsapp, zoom meeting , atau google kelas. Atau bahkan menggunakan fasilitas yang lain seperti modul, LKS, kaset audio, audio visual, radio, televisi? Atau menggunakan cara yang lain? Atau dengan kunjungan rumah.

Beda tempat beda situasi, tentunya beda strategi. Berbeda dalam menerapkan teknik pembelajaran. Walau bagaimanapun pendidik bebas dalam melakukan praktik terbaik dalam menjalankan tugasnya. 

SELAMAT BERKARYA !!! 



Bagian - Bagian Lingkaran

Halo  Sobat Blogger , 
Kali ini saya  akan berbagi materi pelajaran Matematika  tentang bagian-bagian lingkaran. Ada banyak benda berbentuk  lingkaran di sekitar kita. Namun tahukah Sobat bahwa  lingkaran ternyata memiiliki  bagian-bagian, dan setiap bagian-bagian tersebut memilik nama  lho. Berikut nama-nama
 bagian lingkaran yanng perlu diketahui.

Bagian-bagian lingkaran;

1. Pusat Lingkaran
    Pusat lingkaran adalah sebuah titik yang tepat berada di tengahh - tengah lingkaran. 
    Titik pusat lingkaran mempunyaii jarak yang sama dengan semua titik  pada tepi lingkaran.


2. Jari-jari Lingkaran
    Jari-jari lingkaran merupakan jarak antara pusat lingkaran dengan tepi lingkaran. 
    Jari-jari llingkaran biasanya dilambangkan dengan r.


3. Diameter 
    Diameter atau garis tengah adalah garis yang menghubungkan dua titik pada tepi lingkaran melalui pusat lingkaran. 
    Panjang diameter lingkaran  sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran.
    Diameter lingkaran dilambangkan dengan d.


4. Busur Lingkaran
    Busur lingkaran adalah garis berbentuk lengkung pada tepi lingkaran. 


5. Tali Busur
    Tali busur adalah garis yang menghubungkan dua titik pada tepi lingkaran tanpa melalui pusat lingkaran.



6. Juring Lingkaran
    Juring lingkaran merupakan potongan dari luas lingkaran.
    Juring  lingkaran adalah luasan yang dibatasi busur  dengan dua buah jari-jari lingkaran. 


    
7. Tembereng
    Tembereng adalah luasan pada  lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur.



8. Apotema
    Apotema adalah bagian lingkaran berupa garis penghubung paling  pendek yang menghubungkan tali busur dengan pusat lingkaran.


Adapun untuk mengetahui luas  sebuah lingkaran dapat ditemukan menggunakann rumus L= Π x r x r
sedangkan keliling lingkaran dapat ditemukan mengggunakan rumus K = 2 x Π x r.




Kreasi Dawet Ayu Banjarnegara

Dawet Ayu Banjarnegara merupakan minuman khas dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Kuliner  ini terdiri dari santan, juruh dan cendol. Yang membedakan Dawet Ayu dengan dawet pada umumnya  adalah cendolnya. Cendol Dawet Ayu terbuat dari tepung beras dan tepung pohon aren  (pati gelang). 

Selain rasanya enak serta memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Dawet Ayu Banjarnegara juga dapat dikreasikan dengan berbagai makanan lain.  Ini tentunya dapat  menambah varian rasa, serta penampilan Dawet Ayu yang otomatisdapat meningkatkan selera para penggemar kuliner.

Beberapa jenis makanan yang dapat dikreasikan denganDawet Ayu Banjarnegara  antara lain;

tape ketan 

bubur sumsum

biji salak  (makanan berupa bola-bola  terbuat dari ubi) 

buah melon 

labu  kuning

labu siam

rumput laut.



https://www.travelpayouts.com/?marker=414605

Cara Menggambar Lingkaran


Halo sobat blogger,
Apa kabar hari ini?

Kali ini saya akan berbagi mengenai cara menggambar lingkaran pada kertas. Menggambar lingkaran memang agak susah jika tidak menggunakan alat. Namun jika kita menggambarnya menggambarnya menggunakan alat, dapatlah  merasa  senang sedikit karena mengalami kemudahan. Namun demikian untuk mendapatkan  hasil yang baik perlu berhati-hati dalam menggambar agar tidak terjadi kesalahan.

Ada beberapa cara untuk menggamabar lingkaran agar kita mendapatkan hasil yang memuaskan, antara lain ;
1. Menjiplak benda berbentuk lingkaran, seperti gelas, botol, vas bunga, asbak, ember, dsb.
    Siapkan kertas gambar, alat tulis, serta benda berbentuk lingkaran.
    Pilih benda dengan diameter yang sesuai dengan ukuran lingkaran yang akan kita buat.
    Letakkan benda yang akan dijiplak di atas kertas gambar.
    Pertahankan posisi benda tersebut dengan cara  menekannya ke kertas gambar.
    Jiplaklah bagian luar benda tersebut menggunakan pensil (alat tulis).
   
2. Menggambar lingkaran menggunakan sablon lingkaran.
    Siapkan kertas gambar, sablon lingkaran dan alat tulis (pensil/pulpen).
    Pilih sablon lingkaran dengan diameter yang sesuai dengan lingkaran yang akan kita buat.
    Letakkan sablon lingkaran yang dipilih di atas kerrtas gambar.
    Pertahankan posisi sablon yang dipilih dengan cara  menekannya ke kertas gambar.
    Jiplaklah  bagian dalam sablon lingkaran menggunakan alat tulis.

3. Menggambar lingkaran menggunakan jangka.
    Siapkan kertas gambar, jangka, pensil dan penggaris.
    Psangkan pensil pada jangka.
    Kencangkan posisi pensil pada jangka dengan cara memutar baut pengikatnya.
    Buka ujung jangka.
    Atur jarak ujung lengan jangka menggunakan penggaris.
    Putarlah jangka dengan posisi  jarum pada lengan jangka sebagai pusat lingkaran dan ujung pensil sebagai garis lengkung lingkaran.

Demikian yang dapat saya bagikan kepada Sobat Blogger kali ini, semoga bermanfaat.
Selamat Mencoba,





Pembelajaran Berbasis Internet 1 (Latihan Soal On Line)

Video dapat dilihat dengan menekan gamabr di bawah ini

Pembelajaran berbasis internet diduga dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dikarenakan kecenderungan  anak-anak yang suka menggunakan telepon pintar untuk berbagai alasan. Agar kesukaan anak menggunakan alat komunikasi dengan fasilitas internet dapat tersalurkan namun tidak mengganggu waktu belajarnya, maka dianggap perlu mendesain model pembelajaran menggunakan internet yang dapat diakses melalui  telepon pintar atau tablet.

Dalam kegiatan kali ini anak-anak berlatih mengerjakan soal secara on line. Kini berbagai soal latihan ujian untuk berbagai jenjang pendidikan sudah tersedia di portal  Rumah Belajar Kemdikbud. Anak-anak dapat memilih soal yang sesuai dengan keperluannya sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuhnya. Untuk siswa sekolah dasar dapat berlatih mengerjakan soal ujian khusus anak usia sekolah dasar.

Caranya,  anak-anak mengakses portal Rumah Belajar Kemdikbud kemudian memilih Bank Soal. Jenis soal yang  dipilih adalah jenis soal SD dengan kelas yang sesuai. Kemudian memilih jenis soal pada mata pelajaran tertentu. Berikutnya memilih paket soal yang dikehendaki. Mengerjakan secara on line. Setelah selesai mengerjakan nomor terakhir tekan tombol hitung. Maka nilai dari mengerjakan Soal akan muncul. Selesai mengerjakan soal, dan nilai telah muncul pada layar monitor. Selanjutnya melakukan proses perekaman hasil dengan cara screenshot pada layar tablet. Hasil screenshoot dikirimkan ke alamat email guru dengan diikuti kalimat pengantar . Guru dapat memeriksa  jumlah kiriman dari anak-anak serta nilai mereka masing-masing.

Download Buku Tematik Kelas 6

Latihan Soal On Line Mulok DAB