kehangatan suasana hari raya
TELASAN adalah istilah untuk menyantap makanan bersama-sama setelah melakukan sholat hari raya Idul Fitri. Setelah selama satu bulan berpuasa menahan lapar dan dahaga pada bulan Romadhon, maka setelah tiba saat ber hari raya keceriaan itu muncul pada wajah saudara-saudari.
Kegiatan TELASAN sudah ada sejak dahulu dan merupakan tradisi turun - temurun.
Mengenai tempat kegiatan TELASAN dapat berbeda-beda, biasanya disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lingkungan tersebut. Setengahnya ada yang melaksanakan di lokasi pelaksanaan sholat hari raya, baik di masjid, mushola maupun di lapangan. Setengahnya lagi ada yang melaksanakan di tempat umum seperti Balai Desa. Dan setengahnya lagi ada yang melaksanakannya di rumah Kepala Desa. Namun semuanya mempunyai tujuan untuk mengeratkan silaturahmi, kekerabatan, serta keakraban sesama penduduk suatu desa atau dusun. Dalam kegiatan ini biasanya terjadi saling berbagi dan saling mencicipi makanan tetangga atau saudaranya sehingga keakraban dapat terjaga.
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
kenampakan alam
Kepada pembaca kami sajikan gambar kenampakan alam yang mungkin menarik hati bagi para pecinta alam.
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
kegiatan praktik ketrampilan
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
drama pendek anak sd
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
contoh soal uts 2 tema 7 kelas 4 (kurtilas)
PEMERINTAH KABUPATEN ..................................
DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
UPT DINDIKPORA KECAMATAN ..........................
SD NEGERI :.....................................
ULANGAN TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 20..../20...
Tema : 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Kelas : IV ( Empat )
Hari/Tanggal :
Waktu : ..........................WIB
PETUNJUK UMUM :
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2. Bacalah setiap soal dengan teliti !
3. Tanyakan kepada gurumu apabila ada tulisan yang tidak jelas!
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum deserahkan kepada Bapak/Ibu Guru!
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
NO | SOAL | MAPEL | NILAI |
1. | Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa,agama,bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan. Suku Dani terdapat di …. | Bahasa Indonesia 3.7 | |
2. | Alat transportasi darat pada zaman dahulu umumnya menggunakan tenaga …. | ||
3. | Perkembangan teknologi menyebabkan arus informasi semakin cepat. Kata informasi artinya …. | ||
4. | Tari Tor- Tor adalah jenis tarian daerah yang berasal dari .... | ||
5. | Bacalah paragraph berikut! Urang Kanekes, Si Suku Baduy Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 meter dari permukaan laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang. Berdasarkan penggalan cerita di atas, suku Baduy tinggal di daerah .... | ||
6. | Kurangnya pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunaha suatu atau beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia. Cara termudah untuk mencegah kepunahan bahasa daerah adalah …. | PPKn 3.4 | |
7. | Atap Rumah Gadang berbentuk …. | ||
8. | Pemersatu komunikasi berbagai suku bangsa di Indonesia adalah …. | ||
9. | Cakalele merupakan tarian dari daerah …. | ||
10. | Perbuatan saling menghormati antar umat beragama disebut …. | ||
11. | Tarian Gambyong merupakan tarian dari daerah …. | IPS 3.2 | |
12. | Daerah lepas pantai biasanya terdapat aktifitas penambangan …. | ||
13. | Masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan umumnya bermata pencaharian sebagai …. | ||
14. | Memainkan alat musik angklung dengan cara …. | ||
15. | Baju pangsi merupakaan pakaian adat dari daerah …. | ||
16. | Dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk disebut …. | IPA 3.3 | |
17. | Buah mangga yang jatuh dari pohon terjadi karena tertarik oleh gaya …. | ||
18. | Benda yang dapat ditarik magnet terbuat dari bahan …. | ||
19. | Jika diletakan mendatar jarum Kompas akan selalu menunjuk ke arah …. | ||
20. | Penggaris plastik yang digosok-gosokan pada rambut dapat menarik potongan- potongan kertas kecil karena memiliki gaya …. | ||
21. | Tanda yang menyatakan cepat lambatnya lagu dinyanyikan adalah …. | SBdP 3.2 3.3 3.4 | |
22. | Lagu yang syairnya menggambarkan tingkah laku masyarakat setempat dikelompokan dalam jenis lagu …. | ||
23. | Tari Kecak dan tari Pendhet berasal dari Provinsi …. | ||
24. | Montase dan Mosaik merupakan karya seni yang memiliki persamaan teknik dasar, yaitu teknik …. | ||
25. | Pola lantai dibuat untuk memudahkan …. |
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
contoh soal UTS 2 tema 6 kelas 4 (kurtilas)
DINAS
PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
UPT
DINDIKPORA KECAMATAN .........................
SD
NEGERI :.....................................
ULANGAN
TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 20....../20.....
Tema :
6. Cita - citaku
Kelas
: IV ( Empat )
Hari/Tanggal
:
Waktu
: .................. WIB
PETUNJUK UMUM :
1.
Tulislah namamu di
sudut kanan atas !
2.
Bacalah setiap soal
dengan teliti !
3.
Tanyakan kepada gurumu
apabila ada tulisan yang tidak jelas!
4.
Periksa kembali pekerjaanmu
sebelum deserahkan kepada Bapak/Ibu Guru!
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan
benar !
NO
|
SOAL
|
MAPEL
|
NILAI
|
1.
|
CITA –
CITAKU
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu digaris depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu.
Aku akan
berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku.
Apa yang dimaksud dengan cita cita ?
|
Bahasa
Indonesia
3.6
|
|
2.
|
Sebutkan
ciri ciri puisi diatas !
|
||
3.
|
Tulislah
bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris dari puisi diatas
|
||
4.
|
Anak
ayam à ayam
dewasa à telur
Ã
ayam muda
Tahapan pertumbuhan pada ayam yang benar
adalah ....
|
IPA
3.2
|
|
5.
|
Yang
dimaksud dengan daur hidup adalah ....
|
||
6.
|
Daur
hidup yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya disebut ....
|
||
7.
|
Contoh
hewan yang mengalami metamorfosis adalah ... dan ....
|
||
8.
|
Perbedaan
daur hidup kupu kupu dan belalang adalah ....
|
||
9.
|
Yang
dimaksud dengan tempo lagu adalah ....
|
SBdP
3.2
|
|
10.
|
Lagu
kupu- kupu yang lucu menggunakan tempo lagu
lento yang artinya ....
|
||
11.
|
Manfaat
tempo lagu adalah untuk ....
|
||
12.
|
Indonesia
tanah air beta
Pusaka
abadi nan jaya
Indonesia
sejak dulu kala
Selalu
di puja puja bangsa
Tempo lagu yang sesuai dengan lagu diatas
adalah ....
|
||
13.
|
Beni
asli dari Jogja dan Made dari Bali, mereka mendapat tugas dari guru untuk
mencari artikel. Walaupun berbeda suku sikap Beni dan Made ....
|
PPKn
2.3
|
|
14.
|
Dayu
pandai menari, ia bercita cita jadi pelukis, Lani
suka menyanyi dia bercita-cita jadi ahli
komputer , Udin suka melukis ia ingin menjadi guru dan Siti suka
membaca dia bercita cita menjadi ilmuwan. Kegemaran yang sesuai dengan cita cita yang
diinginkan adalah kegemaran ....
|
||
15.
|
Membaca
puisi tanpa menggunakan teks disebut....
|
Bahasa Indonesia
3.6
|
|
16.
|
Arti
tanda // pada sebuah puisi adalah ....
|
||
17.
|
Hal
yang harus dilakukan sebelum mendeklamasikan puisi adalah ....
|
||
18.
|
Indonesia
memiliki berbagai macam sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup
seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam yang memerlukan waktu yang sangat
lama dalam pembentukannya adalah ....
|
IPS
3.2
|
|
19.
|
Sumber daya alam mineral bisa berupa batuan dan bahan
tambang. Tiga contoh bahan tambang diantaranya adalah ....
|
||
20.
|
Sumber
daya alam harus dijaga kelestariannya. Salah satu usaha menjaga sumber daya
alam adalah dengan mengkampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan
melalui pembuatan ....
|
||
21.
|
Teknik membuat karya seni rupa dua
dimensi dengan cara memotong dan menempel disebut....
|
SBdP
3.4
|
|
22.
|
Bahan
bahan yang diperlukan untuk membuat kolase adalah ....
|
||
23.
|
Jenis
jenis tumbuhan yang tergolong tanaman pangan antara lain...
|
IPS
3.1
|
|
24.
|
Hewan
ternak merupakan hewan yang dipelihara untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lima
contoh hewan ternak diantaranya adalah ....
|
||
25.
|
Hewan liar tinggal
dihutan dan taman - taman nasional
Supaya terlindungi dari kepunahan. Tiga contoh hewan
liar di Indonesia adalah ....
|
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Langganan:
Postingan (Atom)