Halaman

Maca Teks Crita Pengalaman (Basa Jawa)

(Postingan ini dibuat untuk belajar siswa kelas 6 SD)

..............................................

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh,

Bocah-bocah sing tak tresnani, kepriye kahananmu dina iki. Muga-muga tansah pinaringan sehat wal afiyat.  Aamiin,,

Ana ing pasinaon iki kowe padha arep sinau nemokake pokok-pokok isine crita sing wis kokwaca, banjur nyritakna maneh crita mau nganggo basa krama.

Wacanen crita pengalaman ing ngisor iki supaya bisa nemokake pokok-pokok isinwe crita. Sakwuse mangerteni pokok-pokok isine crita banjur critakna maneh crita sing wis kokwaca mau. Olehmu  nyritakna maneh aja ngdhep teks iki ya.

Teks pengalaman

Nabrak  Pasir

       Jenengku Mahesa nanging kanca-kancaku padha ngundang  Mahe. Aku duwe kanca akrab, jenenge Yusuf lan Ali. Saben budhal sekolah aku bali bareng amarga manggon ing gang lan RT kang padha. Dina Sabtu, aku lan kancaku arep nonton pertandhingan voli ing lapangan pinggir desa. Aku lan kancaku numpak pit onthel dhewe-dhewe. Sakdurunge mangkat aku ngampiri Yusuf, banjur aku karo Yusuf ngampiri Ali.

      "Ayo mangkat nonton bal-balan ing lapangan pinggir desa!"

      "Mengko dhisit Mas Mahe, wis padha pamit Bapak lan Ibu apa durung?"

      "Yen aku lan Yusuf jelas wis pamit, ta Al?"

      "Malah aku disangoni panganan karo ibuku!" Yusuf nambahi.

      "Ya wis , takpamit ibuku dhisik."

      Ali banjur mlaku menyang mburi arep pamit karo ibune. Sakwise beres kabeh, aku lan kancaku padha budhal menyang lapangan iring-iringan. Aku nang ngarep, Yusuf nang tengah, lan mburi pisan Ali. 

      "Mandheg dhisik!" Yusuf ngajak mandheg.

      "Ana apa Suf?" Takone Ali.

      "Leren dhisik ngisor wit ringin kae!" 

      "Arep apa?"

      "Biasa, mangan dhisik!" Kandhane Yusuf karo ngetokake buntelan ing tas kresek.

      "Ya wis , ayo minggir dhisik!" Aku manut marang Yusuf. 

       Yusuf ngetokake buntelan isi panganan. Isine gethuk goreng lan gedhang goreng. Aku lan kancaku padha mangan breng-bareng kaya sedulur dhewe. Ora ana rasa ewuh amarga wis suwe anggonku kekancan. Mangan lan ngombe bebarengan wis lumrah. Mula aku lan kancaku katon rukun. Ora tau padha sulaya.

     "Ngomong-ngomong wis padha gawe PR Matematika sing kudu dikumpulke sesuk?" Ali takon karo mangan gedhang goreng.

     "Wis dadi to,  Al. Bali sekolah langsung takgawe."

     "Aku durung. Kowe pancen sregep tur pinter, Mas Mahe. Pantesan bijimu apik-apik terus. Jawab Yusuf. 

     "Ya  wis, mengko bengi sinau bareng ning omahe Mas Mahe. Supaya bijine dhewe ora pas-pasan terus." Kandhane Ali.Aku lan kancaku amung bisa ngguyu jalaran Ali kerep ngajak sinau bareng, nanging dheweke ora gelem teka.

     Bubar mangan, Ali katon seger. Cepet-cepet dhewekke nggenjot pit onthel. Aku lan Yusuf sing lagi mbuwang larahan panganan, wis ditinggal Ali.

     Aku lan Yusuf banjur bebarengan nututi Ali. Pit onthel tak genjot rada rikat. Nanging Ali wis ora katon. 

    "Ali kok wis nggeblas ya Suf? takonku. 

    "Wis entek gedhang goreng telu karo gethuk, mulane langsung nggeblas, Mas. Ha ha ha!"  Aku melu ngguyu krungu tembunge Yusuf. Aku lan Yusuf banjur neruske laku, mlipir dalan menyang lapangan kang isih rada adoh. Nalika tekan prapatan cedhak lapangan, akeh wong padha ngumpul ing pinggir dalan. Aku lan Yusuf banjur minggir melu nonton. Aku kaget nalika ngerti ana bocah kang dibopong wong lanang ing pinggir dalan. Luwih kaget maneh jalaran bocah sing dibopong mau jebul Ali.

                                                                       

     "Piye ta, Al" takon Yusuf. Ali meneng bae karo mringis amarga sikil lan tangane tatu. 

     "Wis Suf, ora perlu nyalahake Ali."

     "Ditabrak apa mau Al?" takone Yusuf.

     "Ora ana sing nabrak."

     "La terus , kok isa tiba?" 

     "Aku nabrak gundhukan pasir," kandhane Ali lirih karo nahan perih tatune.

      "Ya wis, saiki mampir Puskesmas dhisik, terus nonton bal-balan," aku mrenahke Ali.

    Aku lan Yusuf ngeterake Ali menyang Puskesmas cedhak prapatan. Tekan Puskesmas Ali banjur diobati dokter. Aku banjur maturnuwun marang dokter amarga wis ditulungi kanthi gratis utawa ora mbayar.

     Ali Mesem rada isin banjur crita nalika tiba. Kabeh padha ngguyu jalaran Ali tiba nabrak pasir ing pinggir dalan  amarga arep cepet-cepet tekan lapangan. 

    "Yen wis tekan lapangan dhisik karepku arep ngumpet. Dimen Mas Mahe lan Yusuf padha bingung nggolekki aku!" Jare Ali sakwise metu saka Puskesmas.

     "Mulane ra sah kemaki!" Yusuf nyindhir Ali. Aku, Yusuf lan Ali padha ngguyu kabeh banjur neruske laku nonton voli nganti rampung.

(Kapethik saka buku Remen Basa Jawi SDMI Kelas VI kaca 35 tekan 37)

Sakwuse maca teks, ayo golekana pokok-pokok isine crita ing dhuwur 

Anggonmu nggolekki bisa bebarengan karo kanca.

Conto lembar tugas 

   

Promosi On Line materi Mulok Dawet Ayu Banjarnegara

 

...........

Latihan Bab III (Promosi On Line)

Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar !

1. Mengapa perlu menggunakan bahasa asing dalam promosi?

2. Bagaimana cara mengunggah foto melalui media sosial twitter?

3. Bagaimana cara mengetahui promosi di facebook disukai orang?

4. Bagaimana cara membuat promosi dengan bahasa asing?

5. Sebutkan langkah-langkah mempromosikan kreasi dawet ayu melalui media sosial facebook berbahasa asing!



Memanfaatkan Google Jamboard dengan akun belajar.id di kelas SD

 Halo Sobat Blogger,,

Semoga sobat semua dalam keadaan sehat wal afiyat, seta senantiasa dalam lindunanNya... Aamiin,

Kali ini saya mau sharing tentang pemanfaatan salah satu platform google yaitu google jamboard di kelas SD.  

Adanya akun belajar.id merupakan anugerah yang luar biasa bagi insan pendidikan baik guru maupun siswa. Terlebih di saat pandemi yang masih bergejolak, dimana guru dan siswa berkomunikasi secara terbatas.  Akun belajar.id merupakan salah satu produk dari Google yang dapat dimanfaatkan secara luas pada pendidikan sekolah. 

Salah satu platform yang dapat digunakan untuk pembelajaran online adalah Google Jamboard. Google Jamboard diibaratkan papan tulis digital yang digunakan di kelas maya. Penggunaannya dapat dipadukan dengan platform google yang lain. Salah satunya adalah Google Classroom.

Lalu bagaimana untuk memulainya???

Dalam hal ini kita harus memastikan bahwa akun belajar.id milik siswa maupun guru sudah aktif. Jika ada satu atau dua yang belum aktif, sebaiknya guru mengaktifkannya terlebih dahulu.

Setelah semua akun belajar.id milik siswa dan guru aktif, barulah melakukan langkah persiapan tahap demi tahap. 

Singkronkan akun belajar.id pada perangkat selular/smartphone masing-masing, baik guru maupun siswa. Penggunaan perangkat smartphone yang berbeda-beda mungkin akan memperlambat penyelesaian proses singkronisasi akun pada perangkat selular.


Membuat Room kelas maya di Google Classroom

Untuk memudahkan dalam penggunaan serta pemantauan aktifitas siswa, sebaiknya smartphone sudah terinstal aplikasi Google Classroom. Untuk mendapatkannya mudah saja, yaitu dengan mengunduhnya melalui playstore pada perangkat android. Setelah aplikasi terinstal, kita bisa langsung memulai langkah membuat kelas maya. Kelas dapat kita namai sesuai kelas yang kita ampu, misalnya kelas 6, kelas 5, kelas 4, dsb. sesuai keinginan kita.

Memasukkan Akun Siswa sebagai Anggota dalam kelas maya

Setelah room kelas maya terbentuk dengan nama yang mudah dikenal atau dingat oleh siswa, selanjutnya memasukkan akun belajar.id milik siswa kedalamnya. Kita undang siswa melalui akun belajar sebagai anggota. Dengan mengundangnya, siswa berkesempatan untuk memasuki ruang kelas maya yang kita buat. Undangan terkirim kepada siswa melalui pesan masuk pada akun Gmail berupa tautan. Siswa dapat menyetujui dan memasuki kelas maya melalui tautan tersebut. 

Mengecek Keaktifan siswa Dalam  kelas maya

Siswa yang sudah masuk ke kelas maya dapat kita pantau melalui aplikasi Google Classroom. Untuk memastikan siswa sedang aktif atau tidak, bisa kita adakan diskusi pada menu forum. Pada menu forum semua anggota bisa saling berkomentar dan menyampaikan pendapat berupa chat.  


Membuat Projek / Tugas 

Guru membuat rencana projek, sebelum mengirimnya ke kelas maya. 

Mengirim Tugas ke kelas maya

Untuk menyampaikan tugas kepada siswa  di kelas maya cukup dengan  menulis chat di menu forum atau menu tugas. Tugas yang disampaikan dapat disertai lampiran atau tanpa lampiran sesuai karakteristik tugas yang sudah disiapkan. 

Menyiapkan Papan Tulis Digital/Jamboard

Setelah menyiapkan tugas untuk siswa, selanjutnya menyiapkan papan tulis digital/jamboard untuk dibagikan kepada masing-masing siswa. Jamboard dikirimkan ke kelas maya pada menu forum. Setelan jamboard yang dikirim dipastikan agar hanya satu akun siswa yang dapat mengedit. Pada tiap-tiap jamboard dinamai sesuai nama siswa.
 

Mengirimkan Jamboard ke Kelas Maya

Papan tulis digital yang sudah disiapkan untuk masing-masing siswa dikirim ke kelas maya pada menu farum. Semua jamboard dikirim ke forum untuk diakses oleh masing-masing siswa.


Siswa mengerjakan tugas pada Papan Tulis Digital/ Jamboard

Siswa mengakses jamboard melalui tautan pada kelas maya. Dengan mengakses tautan tersebut siswa akan dibawa ke akun Jamboard untuk mengerjakan tugas.

Memantau Aktifitas Siswa melalui aplikasi Google Jamboard

Aktifitas siswa pada jamboard dapat dipantau guru sebagai owner jamboard tersebut secara on time. Dengan membuka aplikasi jamboard guru dapat melihat hasil karya siswa serta mengetahui siswa yang sedang mengerjakan. Sekaligus memberikan penilaian. Namun dalam hal ini penilaian dilakukan secara terpisah. Artinya guru memberikan penilaian setelah melihat hasil kerja siswa dan menuliskan nilainya pada daftar nilai. 



Jamboard dan Classroom dalam BDR

Dengan diberlakukannya PPKM, pemerintah berharap jumlah kasus penyebaran Covid 19 di masyarakat semakin berkurang. Bukan hanya pemerintah, sebagian besar warga negara tentunya berharap demikian. Situasi pandemi yang terus berlanjut memang menjadikan sebagian orang mengalami kejenuhan. Namun ketidakpastian masa depan memaksa manusia untuk berdamai dengan suasana. Implikasinya manusia harus menyesuaikan diri dengan situasi yang sedang berlangsung dengan melakukan  perubahan perilaku dalam hidup dan kehidupannya. Perubahan perilaku manusia menghasilkan kebiasaan baru yang kerap  disebut  "New Normal". 

Di era "New Normal" manusia harus mau berubah agar tetap eksis dalam kehidupannya. Hidup memang selalu berubah, kehidupan terus berubah. Zaman berubah. Agar tidak tergerus oleh perubahan zaman, manusia harus belajar dari perubahan itu sendiri. Sejak dahulu nenek  memelajari perubahan. Baik perubahan alam maupun perubahan pada diri manusia. Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa untuk menghadapi perubahan zaman manusia harus terus belajar. Belajar sepanjang hayat.

Manusia dididik agar mau terus belajar. Pendidikan dan pengajaran merupakan dua hal yang senantiasa  seiring sejalan. Di era 'New Normal", proses pendidikan dan pengajaran mengalami perubahan. Jika di masa sebelum pandemi siswa terbiasa berinteraksi dengan guru maupun siswa lain secara langsung setiap hari. Di masa pandemi aktifitas ini dikurangi. Teknik pembelajaran pun berubah. Semula guru dan siswa melakukan pembelajaran tatap muka di kelas setiap hari, kini siswa lebih banyak belajar dari rumah masing-masing. Kegiatan ini disebut sebagai "Belajar Dari Rumah" atau BDR.

Dalam pelaksanaan BDR guru dan siswa memerlukan sarana guna menunjang keberlangsungan komunikasi keduanya. Sarana komunikasi yang dianggap efektif dalam menerapkan pembelajaran BDR  di masa pandemi  adalah  sarana komunikasi berbasis internet. 

Seiring berkembangnya zaman, internet bukan lagi sebagai sarana berkomunikasi semata. Kini internet banyak digunakan sebagai sarana pendidikan dan pembelajaran di samping ekonomi. Banyak layanan internet yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Baik pembelajaran yang dilaksanakan dengan sistem kelas maupun bukan kelas.

Salah satu contoh pemanfaatan internet sebagai sarana pembelajaran adalah penggunaan Google Jamboard dan Google Classroom yang dapat digunakan secara bersamaan. Jamboard merupakan salah satu platform Google berupa papan tulis maya. Ketika menggunakan Jamboard baik guru maupun siswa seakan berada di depan papan tulis digital. Beberapa fitur disajikan untuk dimanfaatkan ketika  menggunakan jamboard, antara lain; pen untuk membuat coretan, picture untuk memasang gambar, erase untuk menghapus coretan, serta laser yang dapat digunakan ketika melakukan presentasi menggunakan Jamboard. Di samping menu yang disebutkan di atas masih ada  lagi menu insert yang lain. Ada hal menarik lainnya yang bisa didapatkan ketika kita menggunakan Jamboard dalam pembelajaran di kelas yaitu Jamboard bisa digunakan secara berkolaborasi dengan setelan yang dapat diatur dalam penggunaannya. 

Salah satu sarana untuk mengelola kelas menggunakan Google Classroom. Di dalam Google Classroom, setiap anggota bisa memberikan komentar dalam diskusi. Pemberian tugas bisa dilakukan secara individu maupun klasikal. Materi dapat disajikan dalam bentuk tulisan maupun gambar. Selain itu guru dapat membagikan referensi atas materi yang disampaikan di kelas berupa tautan ke situs internet. 






Lomba Entrepreneur Dawet Ayu SD 2021



 Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga megadakan Lomba Entrepreneur Dawet Ayu tingkat Sekolah Dasar pada September 2021. Even ini  sebagai langkah  memotivasi para peserta didik untuk mengenal dunia nyata dari bekal ketrampilan yang mereka dapatkan pada pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu Banjarnegara.

Lomba  dilaksanakan sebagai aktualisasi hasil pembelajaran Muatan Lokal Dawet Ayu di sekolah. Selain itu juga melatih jiwa entrepreneur siswa agara bisa survive dalam mengikuti arus perkembangan zaman. Mengembangkan karakter peserta didik agar lebih bangga dan mencintai budaya Banjarnegara, serta mengenalkan , mengembangkan sekaligus mengapresiasi potensi kearifan dan budaya lokal Banjarnegara.

Diharapkan denga lomba ini pesera didik memilik pengalaman yang berharga tentang makna pentingnya esensi pembelajaran Mulok Dawet Ayu di sekolah sebagai bekal ketrampilan yang akan bermanfaat bagi mereka setelah dewasa kelak.



Tema yang dipilih, "Membentuk jiwa wirausaha melalui Budaya Lokal Dawet Ayu Banjarnegara".

Lomba dilaksanakan pada empat jenis, yaitu;

Membuat dawet ayu original,

Promosi  online Destinasi Wisata di Banjarnegara

Bercerita

Membuat poster


Juknis Lomba


Video Vlog Peserta Pandanarum

Silakan lihat selengkapnya di youtube



Puisi Negeriku

 Negeriku


Genap 76 tahun sudah kini usiamu,

Lahirmu menggemparkan bumi timur dan barat,

Menjadi semangat bangsa terjajah,

Tuk melepaskan diri dari belenggu penjajah,

Berjuang menemukan kembali martabat yang hilang,

Ditelan sifat angkuh para penjajah.

Negeriku,

Namamu bagai pelita di sanubariku,

Jiwamu adalah jiwaku, 

Semangatmu memadamkan api amarah,

Menghangatkan jiwa yang sunyi,

Menghancurkan tembok-tembok kebekuan, 

Dengan secerca harapan.

Untuk hidup sejahtera, 

Untuk mati dengan mulia.

Negeriku,

Perjuanganmu belum berakhir,

Berjuta rintangan mengganggu langkahmu, 

Namun kau tetap tegar,

Karena rakyatku aku dan rakyatku mencintaimu.

Negeriku,

Rakyatku menunggumu,

Untuk bangkit dari sakitmu,

Dengan doa, cinta dan air mata.

Bangkitlah wahai negeriku,

Tunjukkanlah jati dirimu,

Tunjukkan keperkasaanmu,

Tunjukkan kekuatanmu,

Bakarlah kembali semangat dalam dirimu,

Agar hilang rasa sakitmu.

Tunjukkan kepada dunia kehebatanmu,,,,,

Yang tak dimiliki negeri manapun di dunia.

Agar tercapai cita-citamu.




Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

 

Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


PTK memiliki karakteristik diantaranya;

  • Adanya kesadaran pada diri guru untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran di kelasnya,
  • Self-reflektif inquiry, atau penelitian melalui refleksi diri,
  • Penelitian dilakukan di dalam kelas guru  berkenaan/peneliti yang berfokus pada kegiatan pembelajaran,
  • PTK bertujuan memperbaiki pembelajaran.

Berbeda dengan penelitian kelas, penelitian tindakan kelas dilakukan oleh guru itu sendiri sebagai peneliti. Sedangkan penelitian kelas dilakukan orang luar untuk meneliti interaksi guru dan siswa.

Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan alasan profesionalitas guru dalam menemukan solusi terhadap masalah pembelajaran dikelasnya , disamping ikut mengembangkan pendidikan di sekolahnya.


Manfaat PTK bagi guru;

  • PTK untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya,
  • Guru berkembang secara profesional dengan menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya,
  • Membuat guru lebih percaya diri,
  • Guru berkesempatan berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan diri.


Manfaat PTK bagi siswa; 

  • Meningkatkan hasil belajar siswa,
  • Menjadi model pembelajaran bagi siswa.

Di samping manfaat yang bisa didapat, PTK memiliki keterbatasan, antara lain;

  • Validitas atau kesahihan sebagai penelitian masih sering dipertanyakan , dikarenakan metodologi penelitian yang agak longgar.
  • Hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan karena hasil PTK hanya terkait dengan siswa dan pembelajaran di kelas tertentu.

Kondisi yang dipersyaratkan dalam PTK;
  • Sekolah memberikan kebebasan yang memadai bagi guru melakukan PTK dan berkolaborasi dengan teman guru lainnya,
  • Birokrasi dan hierarki organisasi di sekolah hendaknya diminimalkan,
  • Sekolah hendaknya selalu mempertanyakan apa yang diinginkan bagi sekolahnya,
  • Keterbukaan dari semua staf sekolah untuk membahas masalah yang dihadapi,
  • Sikap kepala sekolah dan staf administrasi menunjang terjadinya pembaruan,
  • Guru dan siswa mempunyai rasa percaya diri yang tinggi bahwa mereka sedang melakukan pembaruan dengan dukungan Kepala Sekolah dan orang tua,
  • Guru harus siap menghadapi berbagai konflik karena yang baru biasanya lebih mendapat perhatian dari yang lama.

Langkah-langkah PTK;
  • Mengidentifikasi masalah,
  • Menganalisis dan merumuskan masalah,
  • Merencanakan perbaikan
  • Melaksanakan PTK.





Referensi; Modul PTK Universitas Terbuka

Login MySAPK

 

Halo Sobat Blogger ,,

Kali ini saya akan bicara  mengenai  MySAPK BKN. Sebagian dari teman-teman mungkin mengalami kendala untuk login ke akun pribadinya  pada  aplikasi MySAPK. MySAPK mmerupakan aplikasi yang menampung data  pegawai yang dikelola sendiri oleh pegawai tersebut. Oleh sebab  itu  jika mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi tersebuut tentunya merasa sedih bukan. Karena hal tersebut  dapat mengganggu proses pemutakhiran data pegawai yang bersangkutan.

 MySAPK BKN dapat diakses  melalui telepon pintar (anndroid) maupun laptop.

Untuk login melalui  android kita harus mengunduh aplikasi MySAPK terlebih dahulu ,  selanjutnya memasangnya pada android. 

MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dari databse PNS   Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil. 

Untuk mengunduhnya kita masuk  dulu ke laman https://pdm.bkn.go.id/  


Halaman depan pada laman tersebut menyajikan pilihan untuk login melalui website maupun login melalui aplikasi.
Pilihlah tombol "Download MySAPK"  untuk mengunduh aplikasi.
Selanjutnya kita akan diarahkan ke aplikasi playstore di android.



Klik tombol "Instal" untuk mengunduh sekaligus memasang pada perangkat Android. 
Tunggu hingga muncul tulisan "Buka".

Selanjutnya klik tulisan "Buka" tersebut.
Dengan mengeklik tulisan "Buka" kita diarahkan ke halaman depan aplikasi tersebut. Pada halaman tersebut disajikan kolom "username" dan "password" yang harus diisi untuk login.



Isilah kolom "username" dengan Nomor Induk Pegawai (NIP), dan juga password untuk membuka/masuk kedalam aplikasi. 
Selanjutnya klik tulisan "Masuk".

Apabila kita lupa ataupun belum tahu password untuk membuka aplikasi, silakan klik lupa password. 
Selanjutnya akan dibawa pada tampilan seperti di bawah.


Ketikkan NIP dan alamat email yang telah didaftarkan pada sistem tersebut.
Selanjutnya klik tulisan "Berikutnya".
Sistem akan mengirimkan kode ke alamat email tersebut untuk login ke aplikasi. 
SELAMAT MENCOBA,,,


ڤنتون

 Ú¤Ù†ØªÙˆÙ† مروڤاکن کاريا سسترا اصلي ايندونيسيا۔ ببراڤ ايستيله دالم ڤنتون انتارا لاءين بارس؍لارك، باءيت، ريم؍ساجك، سمڤيرن دان ايسي ڤنتون۔ باءيت مروڤاکن کومڤولن دري ببراڤ بارس؍لارق ÙŠÚ  مميليکي ريما ترتنتو۔ ريما اداله بوڽي اخير ڤد ستياڤ بارس؍لارك۔ ايسي ڤنتون مروڤاکن ڤسن دري سي ڤمبوات ڤنتون۔ ڤنتون مميليکي اتورن ترتنتو، Ù…Ú© جک ايڠين ممبوات ڤنتون هاروس توندوق ڤد اتورن - اتورن ترسبوت سوڤايا ڤنتون ÙŠÚ  دبوات اينق ددڠر۔ اداڤون اتورن ڤنتون اداله؛ ستياڤ باءيت ترديري دري امڤت باريس باريس ڤرتام دان کدوا مروڤاکن سمڤيرن باريس کتيݢ دان کأمڤت مروڤاکن ايسي ڤنتون بريما اتاو برساجق اب اب نامون سوڤايا ڤنتون ÙŠÚ  دبوات موده؍نق دباچ دان ددڠر، جک هندق ممبوات ڤاتون ڤرلو ممڤرهاتيکن جومله سوکو کات۔ سباءيقڽ جومله سوکو کات ڤد ستياڤ بارس؍لارس Ù¨ سمڤاي ١٢۔ سلامت منچوب،


 

Belajar Mandiri

 

Biasanya saya bersama siswa-siswi kelas 6 melaksanakan pembelajaran online via WAG di hari Selasa. Di masa Pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan. Sebagai gantinya siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah masing-masing yang lazim disebut BDR dengan panduan guru. 

Walaupun tidak bertemu secara langsung saya memantau perkembangan belajar siswa baik secara daring maupun luring. Secara daring melalui HP yang terkoneksi dengan internet menggunakan aplikasi WhatsApp. Sedangkan secara luring menggunakan Lembar Kerja Mingguan yang dibagikan kepada siswa setiap hari Rabu melalui orang tua siswa. 

Orang tua datang ke sekolah mengambil LKM untuk anaknya sekaligus mengumpulkan jawaban tugas LKM. Kegiatan ini sudah berlangsung selama berminggu-minggu di mas Pandemi Covid-19. Terkadang orang tua siswa selain membawa jawaban tugas juga membawa aspirasi dari siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Selain pertanyaan yang diajukan secara lisan oleh orang tua ada juga pertanyaan yang disampaikan melalui WhatsApp. 

Saya senang jika siswa bertanya tentang pembelajaran atau pendidikan. Namun terkadang jika chatt di WhatsApp cukup banyak, saya tidak bisa menjawab dengan cepat. Namun dari chatt yang saya temukan di WhatsApp, dapat saya pahami bahwa baik orang tua maupun siswa dapat memaklumi keterlambatan saya dalam membalas chatt.

Saya menggunakan WhatsApp cukup sering. Selain untuk berkomunikasi secara pribadi dengan siswa, teman, saudara maupun orang tua siswa, saya juga menggunakannya untuk mengikuti beberapa grup WA. Baik grup yang hanya digunakan untuk berkomunikasi maupun yang digunakan untuk pelatihan. Teknik pelatihan melalui Grup WA inilah yang saya adopsi dan terapkan pada pembelajaran di kelas, yaitu pembelajaran online via WAG.

Minggu lalu mulai 1 Maret 2021 hingga 7 Maret 2021 sekolah melaksanakan Penilaian Tengah Semester atau PTS. Siswa mengerjakan soal PTS dari rumah pada pagi hari. Oleh karena itu saya dan siswa kelas 6 tidak melaksanakan pembelajaran online via WAG.

Setelah selesai melaksanakan PTS pada Minggu lalu memerlukan waktu untuk melakukan koreksi terhadap jawaban siswa. Minggu ini disebut jeda tengah semester. Jeda tengah semester digunakan untuk mengoreksi serta menganalisis jawaban siswa. Kegiatan pembelajaran online via WAG pada Minggu ini dihentikan sementara. Sebagai gantinya siswa melaksanakan pembelajaran secara mandiri. 

Caranya saya mengirimkan beberapa link blog yang berisi materi pembelajaran dan latihan soal pada WA Group. Siswa menelusuri blog melalui alamat yang saya bagikan. Setelah selesai melakukan kegiatan menelusuri blog sambil belajar, siswa menulis laporan kegiatan hari ini yaitu kegiatan belajar mandiri.

Beberapa siswa telah mengirimkan laporan kegiatan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah melakukan kegiatan hari ini. Terhadap laporan siswa saya mengoreksi dengan membaca laporan dari siswa.

Kepada siswa yang telah mengirimkan laporan, saya mengucapkan terima kasih serta memotivasi agar siswa senantiasa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya dengan menulis di WhatsApp.


Berikut adalah tulisan saya di WhatsApp.


Terima kasih kepada anak-anak yang sudah melakukan pembelajaran secara mandiri dengan cara menelaah materi di internet. 

Model belajar seperti ini bisa dilanjutkan dan  dikembangkan lagi besok setelah anak-anak duduk di bangku SMP. 

'Kemandirian' sangat penting dalam segala hal , baik dalam berkarya maupun dalam belajar.

Lawan dari kemandirian adalah 'ketergantungan'. Jika ingin berhasil dalam segala hal, hindari sikap bergantung pada orang lain/siapapun. Agar terhindar dari sikap 'ketergantungan' kepada orang lain, seseorang perlu 'menyiapkan diri'  menghadapi segala kemungkinan. 

Sebagai insan beriman seseorang akan bergantung kepada Tuhan atas segala sesuatu.

Orang yang selalu siap setiap saat, disebut sebagai orang yang hebat. 

(Motivasi hari ini)

Salam persahabatan, 


Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhdelapan

Pembelajaran Menulis Laporan Kegiatan Mengamati Video

Oleh: Pono, S.Pd.SD



Pembelajaran menulis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui menulis pengalaman. Setiap orang memiliki pengalaman menarik dalam hidupnya yang tidak mudah untuk melupakannya. Pengalaman yang menarik ini merupakan modal yang bagus untuk seseorang menghasilkan produk berupa tulisan. Tulisan bisa berupa puisi, pantun, syair maupun  karangan bebas atau prosa. 

Mengingat pengalaman menarik lebih mudah dibanding yang lainnya. Baik yang menyenangkan maupun yang kurang mengenakkan. Dengannya seseorang akan mudah menemukan ide untuk ditulis. Itu juga lah yang melatarbelakangi mengapa pembelajaran di kelas sedapat mungkin menghasilkan pengalaman yang menarik bagi siswa. Karena ia akan terkenang sepanjang masa hingga anak-anak menjadi dewasa. Bukan hanya konten yang disajikan kepada siswa, namun semangat yang ditularkan guru kepada siswanya pun perlu disampaikan bersamaan dengan pengalaman belajar yang bermakna dan menarik.

Salah satu kegiatan pembelajaran berbasis pengalaman menarik yang dapat dilakukan di kelas adalah dengan menuliskan pengalaman menarik saat libur semester. Caranya di awal semester sebelum melakukan pembelajaran sesuai jadwal mingguan, dalam 1 - 3 digunakan untuk kegiatan literasi yaitu menulis pengalaman dalam bentuk puisi, pantun, maupun cerita pendek. Sebenarnya pengalaman liburan juga bisa dijadikan bahan untuk pembelajaran berbicara yaitu ketrampilan berbicara menceritakan pengalaman. Akan tetapi pembahasan kali ini saya batasi pada pembelajaran menulis agar tidak terlalu luas. Atau bisa juga sebagai bahan untuk pembelajaran berbicara dan menulis sekaligus. 


Pembelajaran dengan video

Hal senada dengan pernyataan di atas adalah menonton atau menyaksikan penayangan video. Kalau pada di atas pengalaman yang dimaksud cakupannya luas, karena tanpa batas. Sedangkan pembelajaran menulis menggunakan video terbatas pada pengalaman mengamati video yang ditonton. Pembelajaran  cara ini dapat dikembangkan dengan menyiapkan video yang beragam. 

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, bahan ajar berupa video dengan mudah bisa didapatkan. Baik secara offline maupun secara online. Pembelajaran secara offline tidak memerlukan fasilitas internet, cukup menggunakan video player atau laptop yang dikoneksikan dengan layar monitor atau proyektor. Sedangkan pengamatan video yang diputar secara online dengan mengakses video pada media sosial seperti YouTube atau yang lainnya.


Video hari jadi Banjarnegara

Salah satu kegiatan pembelajaran menggunakan video yang  dilakukan siswa adalah menyimak video Peringatan Hari Jadi Banjarnegara yang disaksikan melalui channel YouTube. Acara Peringatan Hati Jadi Banjarnegara ke 450 ditayangkan secara live pada 26 Pebruari 2021. Pada saat yang sama guru dan siswa menyimaknya dari awal hingga akhir. Video yang dihasilkan berdurasi lebih kurang 2, 5 jam. 

Setelah selesai mengikuti acara Peringatan Hari Jadi Banjarnegara ke 450 secara livestriming  siswa membuat laporan kegiatan berupa resume dari tayangan video tersebut dan dikirimkan kepada guru. Untuk memudahkan pelaporan di masa Pandemi Covid-19 siswa menyampaikan laporan pengalaman menyimak video melalui chatt WA.

Guru merupakan teladan bagi siswanya. Agar semangat siswa dalam melaksanakan tugasnya tidak mengendur, guru memberikan contoh serupa namun dengan cara yang sedikit berbeda. Kalau siswa mengirim laporan melalui WA sedangkan guru menulis resume diposting pada blog yang dikelolanya. Selanjutnya link postingannya dikirimkan ke WA agar dapat diakses oleh siswa dan juga teman-teman guru yang lain.

Banjarnegara, 28 Pebruari 2021 pagi.

Blog penulis: www.ono.my.id

 Gambar diambil dari laman https://www.youtube.com/channel/UCTbbEF2tvniXW06O-uzTDyQ



Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhtujuh

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 450

Oleh : Pono, S.Pd.SD

 

 

Puncak acara peringatan hari jadi kabupaten Banjarnegara dilaksanakan tadi malam, Sabtu, 26 Pebruari 2021 di Pendopo Dipayuda Adigraha. Mengambil tema "Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat, Bahagia Menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera". Bertindak sebagai pembawa acara kali ini adalah Afton dan Desinta yang memandu acara menggunakan bahasa Indonesia dengan logat Jawa Ngapak yang khas membuat penonton merasa betah.

 

Peringatan hari jadi Banjarnegara ke 450 berlangsung dengan hikmat. Acara dimulai jam 8 malam dihadiri Bupati Banjarnegara beserta Ibu dan Wakil Bupati Banjarnegara beserta Ibu. Hadir pula Bupati Banjarnegara periode sebelumnya serta tokoh-tokoh masyarakat Banjarnegara.

Acara peringatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena peringatan kali ini dilaksanakan secara virtual, live via YouTube channel. Serangkaian acara dilaksanakan  di Pendopo Dipayuda Adigraha yang sudah disetting sedemikan rupa sehingga berbagai mata acara dapat berlangsung dengan baik. Hal ini dikarenakan masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Pembawa acara serta hadirin  tampak menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Penonton

Penonton menyaksikan acara dan bergabung dengan  mengakses channel YouTube melalui HP maupun laptop yang terkoneksi internet dari rumah masing-masing sambil minum kopi bersama keluarga tercinta. Walaupun menonton lewat HP namun kemeriahan dan semangatnya dapat dirasakan dari rumah.

Jumlah penonton livestriming  cukup banyak, mencapai lebih dari 13 ribu penonton tadi malam. Antusiasme penonton juga dapat dirasakan dengan banyaknya chatt yang terus mengalir dengan cepat. Banyak di antara nya berupa ucapan selamat hari jadi, sebagian yang lain menyatakan harapan kemajuan Banjarnegara. Tadi siang saat saya membuka channel YouTube tersebut jumlah pengunjung telah mencapai lebih dari 90 ribu.

Mata acara

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ibu Masitoh dan Ibu Istinganah sebagai pembaca Sari tilawah.  Ayat yang dibaca surat Albaqoroh ayat 155 dan surat Ibrohim ayat 7. Dari layar HP tampak dengan jelas hadirin menyimaknya dengan penuh hikmah.

Selepas  pembacaan ayat suci Alquran dilanjutkan doa yang dipimpin Bapak H. Agus Suryo Suripto, S.Ag. M.H. memohon kepada Allah SWT.

Selesai memanjatkan doa ke Hadirat Allah SWT, dilanjutkan penayangan  video tentang Banjarnegara yang berdurasi 2,5 menit. Isi video tersebut mengenalkan Banjarnegara kepada khalayak sejarah, apa yang sudah dilalui serta potensi yang ada. Yang lebih menarik lagi adalah potensi wisata yang ada di Banjarnegara, baik wisata alam maupun wisata budaya.

 

 

Gambar di atas menunjukkan perayaan sebelum Pandemi Covid-19.

Untuk menghibur penonton disajikan persembahan  Dinas Kepariwisataan dan Budaya.

Acara berikutnya adalah sambutan Bupati Banjarnegara yang mengangkat tema "Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat, Bahagia Menuju Banjarnegara Bermartabat dan Sejahtera"

Dilanjutkan pemotongan tumpeng serta pemberian hadiah kepada pemenang lomba K3 (kebersihan, keindahan, kerapian).

Inti acara

Inti acara peringatan hari jadi kabupaten Banjarnegara sesungguhnya adalah Doa Bersama yang dipimpin oleh dai kondang Gus Miftah. Sebelumnya Gus Miftah memang sudah beberapa kali hadir di Banjarnegara. Pada event kali ini Gus tidak hadir secara langsung di Banjarnegara, namun beliau mengisi acara dengan memberikan tausiah serat memimpin doa secara virtual dari Yogyakarta.

Banjarnegara memang kaya akan khazanah budaya. Selepas tausiah dan doa bersama, penonton disuguhi Pagelaran Tari  Warok Kridho Satriya Kencana.

Beberapa karya terbaik anak bangsa berupa vlog ikut disajikan dalam acara tersebut, konten yang disampaikan kebanyakan mengangkat wisata di kabupaten Banjarnegara yang menakjubkan.

"Ayo pada dolan nang Mbanjarnegara".

(Gambar diambil dari laman  https://www.youtube.com/channel/UCTbbEF2tvniXW06O-uzTDyQ)

Banjarnegara, 27 Pebruari 2021 Maghrib

Blog penulis: www.ono.my.id





Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhenam

 Cara Membuat Soal Online dengan Google Form

Oleh : Pono, S.Pd.SD


Beberapa langkah yang dilakukan mengenai cara membuat soal latihan dengan google form dapat disimak pada keterangan  berikut. Yang ditulis di bawah ini berdasarkan pengalaman penulis, sehingga dimungkinkan ada cara lain atau perbedaan langkah yang dilakukan orang lain yang mempunyai pengalaman berbeda. Untuk itu jika penjelasan berikut ini kurang memuaskan mohon dimaklumi serta dimaafkan. Adapun langkah-langkah yang dimaksud berdasarkan pengalaman penulis adalah sebagai berikut.

Masuk ke akun Gmail

Kita bisa masuk ke akun Gmail melalui browser seperti Google chrome atau yang lainnya. Pada kolom pencarian silakan ketik accounts.google.com / Gmail login. Klik judul berita yang ditawarkan oleh google, hingga sampai halaman untuk masuk ke akun email Google seperti di bawah ini.


Jika tampilan sudah seperti gambar di atas selanjutnya ketikkan alamat email yang kita miliki. Jika sudah klik tombol 'berikutnya'. Dengan mengklik tombol 'berikutnya', sistem akan mengajak kita menuliskan kata sandi atau password untuk masuk ke akun email. Setelah mengetik  kata sandi  selanjutnya login atau sign in. Maksudnya adalah kita masuk ke akun email. 
Setelah masuk kita akan dibawa ke akun email. Kemudian apa yang kita lakukan di dalam akun kita? Pada tampilan akun email terdapat kumpulan titik berjumlah 9 yang membentuk segiempat di sudut kanan atas.
Klik kumpulan titik tersebut hingga muncul beberapa logo aplikasi google.


Masuk ke Google Drive

Setelah muncul beberapa logo aplikasi google klik logo aplikasi google drive yang bentuknya mirip segitiga untuk masuk ke menu google Drive.


Setelah masuk ke menu google Drive kita dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini. Perhatikan bagian kiri atas. Pada bagian kiri atas terdapat tanda tambah/plus (+).


Klik tanda tambah di kiri atas tersebut. Google  menawarkan beberapa sajian dari produknya untuk kita manfaatkan. Scroll sedikit ke bawah sampai pada tulisan google formulir. Klik tanda panah di kanan tulisan tersebut. Google menawarkan dua jenis formulir untuk kita gunakan. Pilihlah formulir kosong untuk kita gunakan sebagai lembar soal online.


Menulis Soal

Setelah memilih dengan mengklik formulir kosong kita mendapatkan selembar formulir yang bisa kita tarik ke bawah sampai cukup panjang untuk menulis soal online. Akan tetapi memanjangkannya dengan menulis soal ya, hehehe ...
Perhatikan tampilan di bawah ini. Berikut adalah lembar soal yang akan kita gunakan.


Yang pertamakali kita lakukan setelah mendapat formulir adalah menuliskan judul  pada bagian atas lembar soal. Judul kita sesuaikan dengan jenis soal. Sebagai mana pada ulangan tertulis, kita bisa menulis judul Ulangan Harian atau Tes Formatif atau asesmen pra/pasca kegiatan. Tentunya kita sesuaikan dengan kebutuhan. 
Di bawah judul kita bisa menuliskan tentang tujuan tes, cara mengerjakan tes, atau ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan oleh peserta tes yaitu siswa.
Setelah judul dan deskripsi selanjutnya menentukan  jenis soal yang akan kita buat dengan memilih beberapa alternatif di samping kanan atas. 

Mulailah menulis soal secara berurutan dari nomor satu hingga nomor terakhir. 
Gambar di bawah ini menunjukkan contoh soal bentuk pilihan ganda yang dibuat pada google form.


Mengirim tautan / link soal

Agar siswa atau pengguna dapat mengakses soal yang sudah kita buat, mereka perlu mendapat tautan atau link soal baik melalui blog maupun melalui media sosial.
Untuk mendapatkan link yang bisa kita bagikan dengan orang lain agar bisa mengakses soal online yang sudah kita buat caranya:
Klik kanan pada file soal yang sudah dibuat. Arahkan kursor ke sebelah kanan kemudian klik dapatkan link.


Setelah link didapat, selanjutnya menyalin link tersebut untuk kita bagikan, baik melalui blog maupun melalui media sosial seperti WA maupun Facebook.


Setelah menyalin, untuk membagikan melalui  media sosial seperti WA maupun Facebook cukup dengan menempelkan pada postingan baru, sedangkan untuk membagikan pada blog masih ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.


Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhlima

 Pentingnya Unggah-ungguh Basa

Oleh: Pono, S.Pd.SD



Salah satu tanda adanya peradaban manusia adalah adanya tatanan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Tatanan wujud dalam semua sendi kehidupan manusia. Tidak berlebihan kiranya disebutkan, bangsa  dengan peradaban tinggi hidup dengan teratur dan bermartabat. Keteraturan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat melambangkan adanya hukum yang ditaati oleh bangsa atau masyarakat tersebut, baik hukum yang tertulis maupun tidak tertulis.

Hukum yang tertulis jika dilanggar mengakibatkan mendapat sanksi. Hukum yang tidak tertulis timbul dan berkembang di masyarakat, jika dilanggar mengakibatkan mendapat sanksi sosial dari masyarakat. Sanksi sosial  bisa berupa cemoohan, dikucilkan dalam pergaulan atau hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya. Untuk itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat perlu memperhatikan aturan-aturan yang ada baik tertulis maupun tidak tertulis.

Etika

Bangsa dengan peradaban tinggi sangat memperhatikan etika dalam segala lini kehidupan. Baik dalam bergaul dengan sesama manusia, dalam bekerja, dalam lingkungan keluarga, bahkan ketika bersendiri. Jelasnya etika yang ditunjukkan seseorang merupakan bukti bahwa ia seorang yang beradab.

Setiap bangsa atau masyarakat memiliki etika yang ia pegang. Satu sama lain mungkin ada kesamaan serta ada pula perbedaan. Semuanya itu merupakan khazanah budaya yang patut disyukuri serta dijaga. Sebagai contoh mengenai 'tata krama' dalam pergaulan. Pada lingkungan masyarakat satu dengan masyarakat yang lain mungkin ada sedikit atau banyak perbedaan. Semua itu merupakan khazanah budaya yang patut disyukuri serta dijaga. Jika seseorang melanggarnya maka akan disebut sebagai 'tidak beretika' atau 'tidak memiliki etika'.

Peribahasa

"Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung", begitu peribahasa yang maknanya lebih kurang adalah kita harus menghormati adat resam masyarakat yang kita kunjungi atau masyarakat tempat kita berada. (Bagi pembaca mungkin ada yang mengetahui makna yang lebih tepat dari peribahasa tersebut. Jika berkenan sudilah kiranya  berbagi ilmu guna melengkapi tulisan ini yang jauh dari kesempurnaan)

Melestarikan budaya merupakan tanggungjawab suatu bangsa atau masyarakat. Dengan ciri khas budayanya, sebuah bangsa mudah dikenal oleh bangsa lain. Bukankan Tuhan menciptakan manusia dari seorang laki-laki (Ayah) dan seorang  perempuan (Ibu) dan menjadikannya berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal. 

Dengan mempelajari dan melestarikan budaya berarti menjadikan seseorang mengenali jati dirinya sebagai suatu bangsa atau masyarakat tertentu. Sebagai contoh tata krama dalam bergaul di tengah masyarakat Jawa dikenal dengan istilah 'unggah-ungguh'. Tata krama dalam berbicara disebut 'unggah-ungguh Basa'. 'Unggah-ungguh basa' merupakan aturan dalam berbicara di tengah masyarakat dalam bahasa Jawa. Baik berbicara dalam keluarga maupun di luar keluarga. Di dalam rumah ataupun di luar rumah. Di tengah derasnya arus globalisasi saat ini, 'unggah-ungguh basa mulai pudar di tengah masyarakat. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi kemunduran tersebut. Tidaklah bijak menyebutkan siapa yang salah. Ini merupakan masalah bersama yang perlu ditemukan solusinya. 

Solusi 

Berbicara mengenai solusi, salah satunya yang mungkin dilakukan adalah melalui  jalur pendidikan. Seperti dalam peribahasa yang saya tulis pada postingan sebelumnya, yaitu "melentur buluhnya bermula dari rebungnya" maka kebiasaan yang baik perlu ditanamkan sejak kecil. Begitu pula dalam membiasakan anak-anak menggunakan 'unggah-ungguh' dalam berbicara perlu dimulai sejak masih kecil.

Demikian yang dapat saya tulis hari ini. Kritik dan saran dari pembaca amat berharga bagi penulis.

Banjarnegara, 25 Pebruari 2021 malam.

Blog penulis: www.ono.my.id

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhempat

 Inspirasi Hewan Pengerat

Oleh: Pono, S.Pd.SD

 

 

Semalam hujan turun dengan lebatnya. Angin pun bertiup kencang. Ditambah lagi dengan padamnya listrik di rumah sekampung. Berdasarkan kalender 'pranata mangsa' hari ini termasuk dalam 'mangsa kawolu. Sudah menjadi kebiasaan sejak dulu kala pada 'mangsa kapitu' dan 'mangsa kawolu' di daerah ku sering terjadi angin bertiup kencang. Terkadang disertai hujan deras. Malam hari pun terasa amat dingin. Terlebih pada saat-saat menjelang subuh.

Aku tidur di lantai beralaskan kasur empuk depan tivi. Biasanya sebelum terlelap aku menonton televisi, menunggu rasa kantuk. Kalau jadwal pelatihan, saya menonton telivisi sekaligus menatap layar HP guna mengikuti pelatihan di grup WA serta, menyaksikan setiap chat pada grup WA baik berupa  dari narasumber maupun pertanyaan dari peserta dan jawabannya. Aku tidak mau ketinggalan agar dapat menyelesaikan membuat resume yang merupakan tugas bagi semua peserta.

Sejak istriku melahirkan si kecil 5 setengah bulan yang lalu, aku memang lebih sering tidur di lantai beralaskan kasur. Tujuannya untuk memberikan keleluasaan bagi si kecil dan ibunya.  Kebetulan televisi di rumahku berada dekat dengan pintu samping. Jika hujan lebat disertai angin kencang terkadang sebagian air masuk melalui celah bawah pintu menjadikan udara bertambah dingin. Bagiku itu bukan masalah, bahkan terasa asyik mengingat ini merupakan bagian dari perjuangan seorang ayah. Sebenarnya masih ada satu kamar lagi yang bisa aku tempati untuk tidur setiap malam. Namun tidur dekat pintu kamar si kecil merupakan pilihan bagiku. Bagi pembaca yang menjadi ayah tentunya sangat paham dengan suasana seperti ini.

Hujan terus mengguyur hingga subuh. Padamnya listrik membuat suasana sepi. Tak ada suara manusia di luar rumah. Biasanya di jalan depan dan samping rumahku, Namun sejak jam 9 malam sepertinya tidak ada yang lewat di samping rumah. Maklum hujan turun  dengan derasnya. Atau kalaupun ada yang lewat satu atau dua tak terdengar karena udara didominasi suara hujan yang terus mengguyur.

Ketika listrik mulai padam kuletakkan HP yang biasa aku gunakan berlatih menulis  di malam hari. Kujadikan ia beralih fungsi menjadi lampu darurat menemani tidur di malam hari. Lumayan. Walaupun tak seterang lampu neon, setidaknya aku bisa melihat jalan menuju kamar mandi. Kalau-kalau ada keperluan kesana.

Hujan mengguyur.  Malam pun semakin dingin. Dari sela-sela suara derasnya hujan kudengar suara keras yang mengagetkan gendang telingaku. Asalnya dari arah dapur.  Di dapur masih gelap gulita. Suara itu memang sering terjadi. Mungkin setiap malam. Dengan perasaan sedikit penasaran akan suara itu aku pun berusaha melelapkan kedua mataku. Kelopak mataku aku usahakan. Agar menutup. Semoga besok pagi saat bangun tidur badanku lebih segar serta bugar. Besok pagi saya harus menempuh jarak puluhan kilometer menuju tempat tugas. Butuh stamina yang prima.

Belum lagi mataku terlelap, suara seperti benturan benda keras kembali terdengar. Kali ini lebih keras dari sebelumnya, diikuti suara berisik terus terdengar. Asal suara masih sama, dari arah dapur. Suasana yang masih gelap mengurungkan niatku melihat sumber suara dari dekat. Mengingat besok harus bekerja aku pun mengabaikannya.

Beberapa jam selepas mataku terpejam, aku terhenti dari mimpiku. Perlahan mataku membuka. Belum sempat mataku terbuka penuh, terdengar olehku suara hujan yang masih mengguyur. Rupanya hujan belum juga mereda. Suara angin masih menghiasi langit malam tadi bersama turunnya hujan. Aku rasa tidurku cukup untuk malam ini. Walaupun mataku masih berjuang menahan kantuk yang terus menyerang. Mengingat hujan terus mengguyur berkawan angin, serta masih padamnya saluran listrik. Aku putuskan mengusir rasa kantuk sambil menunggu waktu subuh. Aku pun segera menuju kamar mandi dengan penerangan cahaya HP.

Setelah mengambil wudhu dan menyelesaikan dua rekaat, kuambil HP untuk menyelesaikan tugas membuat resume yang sempat tertunda. Lama aku berbincang dengan  HP dalam bahasa tulis seperti layaknya menulis di buku 'diary', tiba-tiba terdengar suara muadzin mengumandangkan adzan sebagai tanda masuk waktu subuh. Listrik PLN masih padam, namun biasanya saat listrik padam muadzin menghidupkan 'genset'  agar kumandang adzan terdengar seluruh kampung. Aku bergegas menunaikan kewajibanku dengan penerangan seadanya, dari cahaya HP.

Lebih kurang setengah jam setelah kumandang adzan hatiku merasa lega. Listrik sudah menyala kembali. Hujan pun mulai mereda. Ruangan dapur lebih terang dari sebelumnya. Aku mencoba mencari tahu apa yang terjadi semalam. Aku pun kaget melihat beberapa piring berserakan. Salah satunya bahkan terbelah menjadi dua. Tampaknya semalam hewan pengerat beraksi mencari makan seperti biasa sebelum jalannya saya tutup. Saya memang sudah berkali-kali menutup jalan masuk hewan pengerat itu. Aku perhatikan dengan saksama seluruh dinding. Akhirnya kutemukan sebuah lubang kecil seukuran kepala tikus. Agaknya hewan kecil itu telah berjuang dengan sepenuh tenaga  menembus dinding guna mencapai  target yang ia cita-citakan. Aku pun menggelengkan kepala.

Sambil memikirkan kejadian semalam, aku teringat akan isi buku yang aku beli 20 tahun yang lalu. Buku itu aku beli ketika menjadi TKI di Malaysia sebelum menjadi guru di SD. Judulnya 10 Wasiat Imam Syafi'i.

Ada yang menarik pada buku itu. Salah satunya tulisan yang menyebutkan bahwa salah satu dari pesan atau wasiat Imam Syafi'i adalah, "Belajarlah dari musuhmu". Seketika terpikir olehku, "mungkinkah hewan pengerat itu Tuhan kirimkan sebagai sarana tarbiyah untukku?" Betapa beruntungnya aku. Dalam hari-hari belakangan memang aku kerap merasa marah pada hewan itu. Berbagai cara aku coba guna menaklukan hewan itu. Namun hari ini aku merasa bahwa aku tidak ada daya guna menaklukkannya.

Berulang kali aku melanggar fatwa ibuku. Sebenarnya berulang kali ibuku menasihati untuk tidak berlaku kasar kepada hewan itu. Namun aku melanggarnya, walaupun dengan bermuka manis di depan ibuku.

Jika aku perhatikan hewan pengerat itu memang memiliki kelebihan dibanding hewan lainya. Dari perilakunya menunjukkan bahwa ia merupakan salah satu dari hewan yang memiliki kecerdasan melebihi hewan lainnya. Disamping itu ia memiliki semangat tinggi dalam bekerja menggapai target. Terbukti berulang kali ia membuat jalan baru guna mencapai tempat berisi makanan dan perlindungan.

Kiranya itu yang dapat saya pelajari dari hewan itu. Terlepas dari benar dan salah atau baik dan buruk. Kedua sifat pada hewan yang saya sebutkan, tentunya akan bermanfaat jika kita tiru. Namun tentunya kalaupun kita menirunya untuk hal kebaikan  dan kebenaran, ya. Bukankan kita diperintahkan untuk senantiasa belajar. Belajar dengan siapapun dan kapanpun hingga ajal menjemput.

Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini. Cerita dari kejadian nyata dengan sedikit perubahan. Jika ada salah kata mohon dimaafkan kritik dan saran dari para cerdik pandai amat kami harapkan. Wallohu a'lam bishowab.

Banjarnegara, 24 Pebruari 2021, malam hari,  hujan rintik.

Blog penulis: www.ono.my.id

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhtiga

Pentingnya Menumbuhkan Kebiasaan Baik Sejak Dini

Oleh: Pono, S.Pd.SD


Pepatah mengatakan, "Jika engkau menghendaki sesuatu dalam satu tahun lagi,  tanamlah padi. Jika engkau menghendaki sesuatu dalam jangka waktu sepuluh tahun, tanamlah pohon. Jika engkau menghendaki sesuatu dalam jangka waktu seratus tahun maka didiklah anakmu".

Dari pepatah di atas tidaklah berlebihan kiranya disebutkan bahwa pendidikan merupakan cara yang tepat guna menyiapkan generasi mendatang. Pendidikan yang dilakukan hari ini berpengaruh pada ratusan tahun yang akan datang. Itulah sebabnya pendidikan harus diperhatikan sampai pada hal sekecil-kecilnya. 

Melentur buluh bermula dari rebungnya

Salah satu cara yang dapat dilakukan guna menerapkan pendidikan pada anak-anak adalah dengan membiasakan hal-hal yang baik sejak anak masih kecil. Dengan membiasakan hal-hal yang baik sejak kecil memungkinkan kelak mereka akan menjadi pribadi yang unggul saat sudah dewasa. Hal-hal kecil yang dilakukan berulang-ulang akan menjadi kebiasaan yang akan dilakukan meskipun tanpa disuruh.

Pola pendidikan dengan membiasakan perilaku baik pada keseharian sejatinya sudah dilakukan oleh orang tua kita sejak dahulu. Namun belakangan di era globalisasi dampaknya kurang begitu nampak. Tidak ada sesiapa yang patut disalahkan, namun usaha yang baik merupakan tanggung jawab bersama. Langkah terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan memulai dari lingkup yang terdekat dengan diri kita serta dari diri sendiri.  

Keteladanan

Hal yang tidak kalah penting dalam menanamkan kebiasaan baik pada anak-anak adalah dengan keteladanan. Hal ini tentunya sesuai dengan karakteristik perkembangan anak, dimana pada masa kanak-kanak seseorang memiliki sifat suka meniru. Anak-anak cenderung akan meniru apa saja yang ia lihat di sekitarnya  serta apa yang ia dengar dari telinganya.

Beberapa kebiasaan baik mungkin kelihatan sepele dari pandangan kebanyakan orang, namun bagi yang menaruh perhatian serius terhadap pendidikan dan masa depan anak, tentunya tidak akan berani menganggapnya sebagai hal yang remeh-temeh.


Kebiasaan-kebiasaan baik yang perlu ditanamkan pada diri anak-anak antara lain; 

Berkata jujur,

Menjaga kebersihan,  baik kebersihan diri, pakaian maupun lingkungan tempat ia berada,

Menghormati dan mentaati guru dan orang tua,

Mengetuk pintu, atau mengucap salam saat akan memasuki rumah orang lain, sesuaikan dengan budaya serta tradisi daerah setempat

Menghormati orang yang lebih tua,

Mendengarkan orang yang sedang berbicara

Menyapa ketika bertemu orang yang kita kenal di jalan, dalam kondisi tertentu bahkan perlu menyapa orang yang belum kita kenal dengan maksud berkenalan

Mengucapkan permisi atau yang seumpamanya ketika sedang berjalan dan terlewati orang tua atau beberapa orang yang sedang berbicara satu sama lain

Membuang sampah pada tempat yang semestinya

Menyebut nama teman dengan namanya, bukan menyebut teman dengan yang bukan namanya.

Berbicara lembut kepada orang tua, atau orang yang lebih tua atau kepada guru. Baik guru di sekolah maupun di madrasah dan sejenisnya

Memposisikan diri di belakang pada saat berjalan dengan orang tua, kecuali pada kondisi orang tua tersebut yang menghendaki agar anak-anak berjalan di depan, karena tentunya berdasarkan pertimbangan.


Apa yang saya sampaikan di atas adalah hanya sebagian dari kebiasaan yang perlu ditanamkan sejak kecil. Masih banyak hal-baik yang belum tersampaikan di sini. Oleh karena itu masukan dari pembaca dan cerdik pandai amat berguna.




Banjarnegara, 23 Pebruari 2021, sore 

Blog penulis: www.ono.my.id

Tantangan menulis lomba blog PGRI hari keduapuluhdua

 Cara Membuat Blog Gratisan di  blogspot.com

Oleh: Pono, S.Pd.SD




Untuk membuat akun blogger di blogspot.com, yang pertama dilakukan adalah membuka laman blogger.com dengan cara mengetikkan www.blogger.com pada kolom pencarian google. 

Setelah membuka akun blogger, langkah selanjutnya adalah menekan atau  mengeklik tombol  'sign up' atau buat akun. Masukkan alamat Gmail dan password untuk memasukinya. Maka akan diarahkan pada halaman yang berbeda dari sebelumnya. 

Membuat blog

Tulis nama untuk blog yang akan dibuat. Tidak ada ketentuan soal nama untuk blog baru. Kita bisa membuatnya sesuai selera. Nama blog  akan muncul ketika blog kita dibuka untuk dibaca. Setelah nama untuk blog berhasil kita buat, klik tombol berikutnya, menandakan kita diarahkan ke halaman berikutnya.

Pada halaman yang baru tulis alamat blog yang akan kita buat. Perlu diingat dalam menulis alamat blog, yaitu tidak menulis .blogspot.com karena sistem otomatis menambahkannya. Hal berikutnya untuk diperhatikan adalah alamat ditulis menggunakan huruf kecil serta tanpa adanya spasi di dalamnya. Jika ketika menulis alamat muncul tulisan warna merah (warning), berarti alamat tersebut tidak bisa didaftarkan sebagai alamat blog karena sudah ada yang menggunakan. Dalam kasus ini tulis alamat blog yang baru. Jika sudah klik tombol berikutnya, untuk masuk ke halaman berikutnya.

Tulis nama untuk ditampilkan sebagai identitas blogger. Nama blogger juga bebas. Sesuai selera kita. 

Setelah menulis nama blogger selanjutnya tekan atau klik tombol selesai.

Setelah menekan tombol selesai berarti proses membuat blog sudah berhasil.  Selanjutnya kita tinggal mengisi blog yang kita miliki dengan konten-konten yang bermanfaat.

Cara posting di blog

Untuk membuat postingan di blog, kita harus masuk terlebih dahulu ke akun blog yang sudah kita buat. Caranya ketik pada kolom pencarian google www.blogger.com. Setelah itu klik tombol 'Sign in' atau masuk. Maksudnya adalah masuk ke akun kita. Untuk masuk kita perlu menuliskan alamat Gmail yang sebelumnya digunakan untuk membuat blog. Selanjutnya ketik password.

Setelah berhasil masuk ke akun blogger, tekan atau klik postingan baru. Maka akan diarahkan ke lembar yang berisi postingan dan judul postingan. 

Berikutnya tulis judul postingan pada kolom bagian atas. 

Setelah menulis judul postingan, selanjutnya berpindah ke bawah untuk menulis artikel/konten blog pada kolom isi postingan.

Agar postingan menarik, sisipkan gambar pada postingan. Gambar bisa diletakkan di atas , di tengah, atau di bawah.

Setelah menulis artikel dan menyisipkan gambar, selanjutnyu klik tombol kirim.

Setelah menekan tombol kirim maknanya kita telah berhasil membuat postingan. Postingan tersebut akan dapat dilihat siapapun pengguna internet. 

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat blog gratis di blogspot.com. Semoga bermanfaat.

Salam, 

Banjarnegara, 22 Pebruari 2021, malam.

 Blog penulis: www.ono.my.id