Modul

 Resume Materi

DIKLAT ANGKATAN III PENULISAN MODUL  DAN BUKU AJAR 

4 Desember 2020


https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/pbis4319-translation-edisi-2


Definisi 


Modul adalah kumpulan bahan ajar yang disusun lengkap secara sistematis dengan tes/uji indikator kemampuan siswa/mahasiswa yang menyerap bahan pelajaran.

Modul adalah bahan ajar yang digunakan secaramandiri tanpa guru/tutor/dosen. Modul berisi uraian ringkas atas suatu bahasan (kegiatan pembelajaran) dalam tertentu (Trimansyah, 2018).

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Modul minimal memuat tujuan pembelajaran, materi/substansi belajar, dan evaluasi (Rahdiyanta, n.d.)

Modul adalah paket pengajaran yang sifatnya self instructional, materi yang bisa dipahami secara mandiri tanpa dipandu oleh pengajar (Bi, 2019).


Tujuan Penggunaan Modul


1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.

2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik dan pendidik.

3. Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi peserta didik atau peserta diklat;

4. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,

5. Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai  kemampuan dan minatnya.

6. Memungkinkan peserta didik dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

(Depdiknas 2009)


Prinsip Pengembangan Modul

• Goal oriented - berorientasi pada tujuan/kompetensi

• Self-instruction - pembelajaran mandiri

• Continuous progress - maju berkelanjutan

• Self-contained - penataan materi secara modular yang utuh dan lengkap

• Cross referencing - rujuk silang antar modul  dalam mata latihan

• Self-evaluation - penilaian belajar mandiri

(Hernawan, n.d.)


Bahasa Modul

• Menggunakan bahasa yang baik  dan benar

• Mudah dicerna dan enak dibaca

• Menarik dan merangsang rasa ingin tahu

• Urutan sajian yang logis

• Sapaan menggunakan kata Saya, Anda, Kita

(Hernawan, n.d.)


Jenis Modul

  • Modul cetak
  • Modul multimedia
  • Modul on line
Anatomi Modul
Cover / Sampul
Bagian sampul (cover) depan didesain dengan cara: 
1) mengombinasikan warna, 
2) menggunakan gambar (ilustrasi) yang menarik dan cocok, 
3) memakai bentuk dan ukuran huruf yang serasi.
Cantumkan label kode modul, bidang/program studi keahlian dan kompetensi keahlian, judul modul, gambar ilustrasi (mewakili kegiatan yang dilaksanakan pada  pembahasan modul), tulisan lembaga tahun modul disusun.
Tata letak sampul harus standar.
Gunakan aplikasi desain sampun secara online, diantaranya https://www.canva.com/id_id/membuat/cover-buku/

Front Matter

Halaman judul penuh (Full title)
Ditulis lengkap nama penulis, judul buku, dan nama penerbit.

Halaman hak cipta/keterangan penerbitan (Imprint)/Halaman Francis
Judul, penulis, pernyataan hak cipta, pelaku  perbukuan, cetakan/edisi, ISBN, penerbit dan  alamatnya.

Kata Pengantar
Berasal dari penerbit atau orang lain yang bukan penulis.

Prakata
Berasal dari penulis dengan menyebutkan tujuan penulisan buku, untuk siapa buku ditulis (pembaca sasaran), dan keunggulan buku.

Daftar Isi
Dapat diikuti dengan daftar gambar dan daftar tabel jika diperlukan.



Text Matter

Pendahuluan
Latar belakang, Tujuan, Peta Kompetensi, Ruang Lingkup, Saran Cara Penggunaan Modul

Kegiatan Pembelajaran 1
Tujuan, Indikator Pencapaian Kompetensi, Uraian Materi, Aktivitas Pembelajaran, Latihan/Kasus/Tugas, Rangkuman, Umpan Balik danTindak Lanjut, Kunci
Jawaban

Kegiatan Pembelajaran n
(sama dengan kegiatan pembelajaran 1)


Back Matter

Penutup
Kata-kata penutup yang mengandung simpulan dan saran.

Daftar Pustaka (Bibliography)
Berisi sumber-sumber bacaan, baik yang dirujuk di dalam teks atau tidak dirujuk langsung karena hanya sebagai bacaan


Contoh Kerangka Modul

MODUL 1 : HAKIKAT BAHASA
Kegiatan Belajar 1:
Hakikat, Sifat, dan Fungsi Bahasa
Latihan
Rangkuman 
Tes Formatif 1

Kegiatan Belajar 2:
Ketrampilan Berbahasa Indonesia
Latihan 
Rangkuman
Tes Formatif 2

KUNCI JAWABAN TES FORMATIF
GLOSARIUM
DAFTAR PUSTAKA


MODUL 2 : SEJARAH PERKEMBNGAN BAHASA INDONESIA

Kegiatan Belajar 1:
Kronologis Perkembangan Bahasa Indonesia
Latihan
Rangkuman
Tes Formatif  1

Kegiatan Belajar 2:
Keduduukan dan Fungsi Bahasa Indonesia
Latihan
Rangkuman
Tes Formatif 2
Sumber:
https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/mkdu4110-bahasaindonesia/#tab-id-1




















Tidak ada komentar: