Cara Menulis pada aplikasi Whats App dengan Huruf Arab
Teman-teman, di era globalisasi sekarang ini hubungan antar manusia menjadi semakin mudah. Mengapa demikian, dengan adanya berbagai alat komunikasi dan informasi, manusia berinteraksi dengan manusia lain dengan begitu mudahnya, sehingga dunia seolah-olah tiada batas lagi. Manusia dari satu negara dapat berkomunikasi dengan manusia di negara lain dengan sangat mudah dan juga murah.
Hal ini tentunya didukung dengan adanya alat komunikasi canggih yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau.
Salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah telepon pintar atau smart phone. Benda yang satu ini sangat mudah didapatkan dengan harga bervariasi, sehingga tak heran jika banyak anak-anak sekarang sudah mahir dalam mengoperasikannya. Terlepas dari pembahasan mengenai perbandingan antara manfaat dengan mudharatnya. Karena produk teknologi pasti membawa dampak positif maupun negatif bagi penggunanya. Mana yang lebih dominan, tentunya tergantung pada penggunanya.
Selain perangkat keras seperti smartphone, hal yang tak kalah penting dalam teknologi komunikasi adalah perangkat lunak atau software yang digunakan bersamaan dengan alat tersebut. Manusia pun mengembangkan berbagai perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Ada yang dikembangkan untuk mencari informasi, ada juga yang dibuat untuk berinteraksi dua arah seperti sedang berhadapan, yang sering disebut media sosial atau medsos.
Diantara media sosial yang banyak digunakan oleh manusia hari ini adalah WhatsApp atau disingkat WA.
Dalam hal berinteraksi menggunakan WhatsApp, seringkali kita menulis/mengetik beberapa kata bahkan kalimat dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris maupun bahasa Arab.
Dalam hal menulis bahasa Inggris menggunakan huruf latin tidaklah ada kendala, karena bahasa Inggris biasa ditulis dengan huruf latin. Namun lain halnya dengan penulisan kata atau kalimat menggunakan huruf latin. Bagi sebagian manusia menuliskan kata atau kalimat bahasa Arab menggunakan huruf latin dirasa kurang "sreg" karena bahasa Arab biasanya ditulis dengan huruf arab, meskipun menulis kata atau kalimat bahasa Arab menggunakan huruf latin tidak sepenuhnya salah.
Nah berkenaan dengan hal tersebut, saya akan berbagi sedikit, mengenai cara menulis dengan huruf Arab pada aplikasi WhatsApp yang dioperasikan menggunakan smart phone (Android)
Ada pun cara menulis dengan huruf Arab pada aplikasi WhatsApp adalah sbb;
Pertama kali tekan tombol bergambar roda gigi seperti gambar berikut.
Maka akan muncul tampilan seperti berikut.
Selanjutnya tekan tombol pengaturan bahasa seperti gambar di atas.
Jika sudah, langkah berikutnya tekan pilihan bahasa Arab seperti gambar berikut.
Jika sudah diubah ke pengaturan bahasa Arab, tekan tombol kembali sebanyak dua kali hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Jika tampilan huruf-huruf yang ada pada keyboard sudah berupa huruf Arab seperti gambar di atas, berarti smart phone sudah siap digunakan untuk menulis kata atau kalimat dengan huruf Arab. Mulailah menulis apa yang diinginkan.
Selamat mencoba, SEMOGA BERJAYA.
Hal ini tentunya didukung dengan adanya alat komunikasi canggih yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau.
Salah satu alat komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah telepon pintar atau smart phone. Benda yang satu ini sangat mudah didapatkan dengan harga bervariasi, sehingga tak heran jika banyak anak-anak sekarang sudah mahir dalam mengoperasikannya. Terlepas dari pembahasan mengenai perbandingan antara manfaat dengan mudharatnya. Karena produk teknologi pasti membawa dampak positif maupun negatif bagi penggunanya. Mana yang lebih dominan, tentunya tergantung pada penggunanya.
Selain perangkat keras seperti smartphone, hal yang tak kalah penting dalam teknologi komunikasi adalah perangkat lunak atau software yang digunakan bersamaan dengan alat tersebut. Manusia pun mengembangkan berbagai perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Ada yang dikembangkan untuk mencari informasi, ada juga yang dibuat untuk berinteraksi dua arah seperti sedang berhadapan, yang sering disebut media sosial atau medsos.
Diantara media sosial yang banyak digunakan oleh manusia hari ini adalah WhatsApp atau disingkat WA.
Dalam hal berinteraksi menggunakan WhatsApp, seringkali kita menulis/mengetik beberapa kata bahkan kalimat dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris maupun bahasa Arab.
Dalam hal menulis bahasa Inggris menggunakan huruf latin tidaklah ada kendala, karena bahasa Inggris biasa ditulis dengan huruf latin. Namun lain halnya dengan penulisan kata atau kalimat menggunakan huruf latin. Bagi sebagian manusia menuliskan kata atau kalimat bahasa Arab menggunakan huruf latin dirasa kurang "sreg" karena bahasa Arab biasanya ditulis dengan huruf arab, meskipun menulis kata atau kalimat bahasa Arab menggunakan huruf latin tidak sepenuhnya salah.
Nah berkenaan dengan hal tersebut, saya akan berbagi sedikit, mengenai cara menulis dengan huruf Arab pada aplikasi WhatsApp yang dioperasikan menggunakan smart phone (Android)
Ada pun cara menulis dengan huruf Arab pada aplikasi WhatsApp adalah sbb;
Pertama kali tekan tombol bergambar roda gigi seperti gambar berikut.
Maka akan muncul tampilan seperti berikut.
Selanjutnya tekan tombol pengaturan bahasa seperti gambar di atas.
Jika sudah, langkah berikutnya tekan pilihan bahasa Arab seperti gambar berikut.
Jika sudah diubah ke pengaturan bahasa Arab, tekan tombol kembali sebanyak dua kali hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Jika tampilan huruf-huruf yang ada pada keyboard sudah berupa huruf Arab seperti gambar di atas, berarti smart phone sudah siap digunakan untuk menulis kata atau kalimat dengan huruf Arab. Mulailah menulis apa yang diinginkan.
Selamat mencoba, SEMOGA BERJAYA.
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Cara Memeriksa Daftar Belanja di K-Link Digital Store
Halo mitra K-Link,
Apa kabar Anda hari ini? Semoga makin sukses aja yah !!
Sudahkah mitra K-Link semua berbelanja di toko on line nya K-Link, yaitu di K-Link Digital Store?
Jika belum karena belum tahu caranya, ada baiknya mitra K-Link melihat informasi di Cara Berbelanja di K-Link Digital Store.
Namun setelah mitra K-Link berbelanja berulang kali dalam satu bulan, jangan lupa diperiksa perbelanjaan pribadi ya? Tujuannya untuk memperkirakan berapa jumlah bonus yang akan K-Link berikan kepada Anda pada bulan depan. Sudah tahu caranya? Tanpa buang waktu, Yuk kita pelajari caranya!!!
Selanjutnya ketik K-Link Digital Store pada kolom pencarian.
Arahkan kursor ke sudut kanan atas dari halaman tersebut , selanjutnya klik tulisan LOGIN.
Jika sudah ketik no. ID Anda, password serta kode untuk masuk ke akun pribadi.
Setelah Anda masuk ke akun Anda, silakan klik Sales & Bonus pada halaman tersebut.
selanjutnya klik pada Cek Transaksi K-Net untuk melihat transaksi Anda melalui k-net.co.id atau Cek Transaksi Global untuk melihat semua perbelanjaan Anda, baik yang melalui k-net.co.id maupun belanja di stokist atau MS yang telah dilaporkan.
Kalau sudah, selanjutnya klik gambar anak panah pada kolom nama bulan. Pilih daftar belanja bulan apa yang akan Anda periksa. Kalau sudah klik tulisan CEK TRANSAKSI.
Setelah klik CEK TRANSAKSI maka Anda dapat melihat daftar belanja Anda pada bulan yang dimaksud.
Jika keperluan Anda untuk memeriksa transaksi pada bulan tertentu sudah selesai dan Anda ingin keluar dari akun Anda, silakan klik klik tulisan LOGOUT pada sudut kanan atas dari halaman akun Anda.
Selamat mencoba SEMOGA BERJAYA.
Jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom, kritik maupun saran, silakan tulis di kolom komentar.
Terima kasih telah berkunjung ke situs kami.
Apa kabar Anda hari ini? Semoga makin sukses aja yah !!
Sudahkah mitra K-Link semua berbelanja di toko on line nya K-Link, yaitu di K-Link Digital Store?
Jika belum karena belum tahu caranya, ada baiknya mitra K-Link melihat informasi di Cara Berbelanja di K-Link Digital Store.
Namun setelah mitra K-Link berbelanja berulang kali dalam satu bulan, jangan lupa diperiksa perbelanjaan pribadi ya? Tujuannya untuk memperkirakan berapa jumlah bonus yang akan K-Link berikan kepada Anda pada bulan depan. Sudah tahu caranya? Tanpa buang waktu, Yuk kita pelajari caranya!!!
Cara memeriksa Daftar Belanja Pribadi di K-Link Digital Store.
Pertama kali yang dilakukan adalah buka browser Anda, baik menggunakan Google Chrome, Mozilla FireFox , maupun browser yang lain.Selanjutnya ketik K-Link Digital Store pada kolom pencarian.
Jika sudah, selanjutnya klik judul yang bertuliskan https://www.k-net.co.id/. Dengan mengekliknya maka Anda akan dibawa ke halaman beranda dari K-Link Digital Store.
Jika sudah ketik no. ID Anda, password serta kode untuk masuk ke akun pribadi.
Setelah Anda masuk ke akun Anda, silakan klik Sales & Bonus pada halaman tersebut.
selanjutnya klik pada Cek Transaksi K-Net untuk melihat transaksi Anda melalui k-net.co.id atau Cek Transaksi Global untuk melihat semua perbelanjaan Anda, baik yang melalui k-net.co.id maupun belanja di stokist atau MS yang telah dilaporkan.
Kalau sudah, selanjutnya klik gambar anak panah pada kolom nama bulan. Pilih daftar belanja bulan apa yang akan Anda periksa. Kalau sudah klik tulisan CEK TRANSAKSI.
Setelah klik CEK TRANSAKSI maka Anda dapat melihat daftar belanja Anda pada bulan yang dimaksud.
Jika keperluan Anda untuk memeriksa transaksi pada bulan tertentu sudah selesai dan Anda ingin keluar dari akun Anda, silakan klik klik tulisan LOGOUT pada sudut kanan atas dari halaman akun Anda.
Selamat mencoba SEMOGA BERJAYA.
Jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom, kritik maupun saran, silakan tulis di kolom komentar.
Terima kasih telah berkunjung ke situs kami.
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Cara Berbelanja di K-Link Digital Store
Halo mitra K-LINK di mana pun Anda berada. Apa kabar Anda hari ini? Tentunya sehat bukan? Harus donk !!! Mitra K-LINK harus selalu sehat.
Sudah lazim jika mitra K-LINK ditanya tentang kabar dengan perkataan “Apa kabar ......?” , maka jawabnya adalah “sehaaaat...” (sambil berdiri dengan mengacungkan jempol tangan). Ini menandakan mitra K-LINK sehat dan tidak ambeien, hehe...
Itu tadi gurauan kecil saja.
Mitra K-LINK di mana pun Anda berada, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, menjadikan semakin besarnya penduduk bumi yang aktif menggunakan internet baik untuk sekedar komunikasi dengan teman atau sahabatnya, untuk keperluan pendidikan, maupun untuk keperluan bisnis.
Nah, mengenai penggunaan internet untuk berbisnis, banyak sekali pebisnis yang membangun pasar serta jaringan menggunakan fasilitas internet. Mereka pun aktif di dunia maya mengoperasikan berbagai media sosial. Di antara media sosial yang banyak digunakan untuk menawarkan produk adalah facebook, twitter, dan google plus. Banyak juga yang membuka toko online.
Seiring berkembangnya jaman, K-LINK sebagai perusahaan MLM yang eksis mengajak para mitranya untuk memanfaatkan internet sebagai sarana berbisnis. Untuk itu K-LINK menyiapkan fasilitas dan layanan yang sangat baik bagi para mitranya berupa toko on line dengan nama K-Link Digital Store dengan alamat www.k-net.co.id.
Pada K-LInk Digital Store setiap mitra K-LINK memiliki akun pribadi yang dapat digunakan untuk membeli berbagai produk K-LINK dari seluruh Indonesia serta mengirimkannya ke seluruh Indonesia, memeriksa perbelanjaan pada bulan berjalan serta bulan sebelumnya , serta memeriksa bonus pribadi. Enak bukan ??? Sehingga memungkinkan bagi sebagian mitra K-LINK mengendalikan bisnis hanya dari rumah sambil mengurus keluarga. Tentunya ini cocok bagi para ibu rumah tangga yang menghendaki bisnis sampingan tanpa harus keluar rumah. Kalaupun keluar rumah hanya untuk ke ATM.
Untuk bisa menjalankan bisnis dengan fasilitas K-Link Digital Store, mitra K-LINK harus bisa membeli produk K-LINK secara on line serta mengirimkannya ke alamat pelanggan.
Lantas bagaimana caranya?
Di sini saya akan berbagi cara bagaimana untuk berbelanja di K-Link Digital Store.
Untuk memulainya, pastikan Anda memiliki fasilitas internet.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Tulis pada browser, k-net.co id, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini
Selanjutnya klik tulisan LOGIN di sudut kanan atas sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
Selanjutnya ketikkan no. ID yang tertera pada kartu distributor, password serta kode yang tertera pada halaman tersebut.
Jika nama Anda muncul di sudut kanan atas berarti Anda berhasil masuk ke akun pribadi Anda sebagai mitra K-LINK.
Silakan scroll ke bawah atau klik Produk. Di situ akan terlihat berbagi produk K-LINK dengan harga distributor serta nilai BV dari masing-masing produk.
Klik salah satu atau beberapa produk yang akan Anda beli.
Selanjutnya scroll ke atas dan klik gambar keranjang belanja.Setelah gambar keranjang diklik, selanjutnya pilih Tipe Pengiriman Produk.Jika Anda memilih untuk pengiriman ke alamat pembeli, maka tulis alamat pembeli secara lengkap.
Kemudian pilih stokis referensi.
Jika sudah menulis alamat tujuan secara lengkap, klik LANJUTKAN. Maka Anda akan dibawa ke halaman METODE PEMBAYARAN.
Pilih Tipe Pembayaran selanjutnya klik Proses Pembayaran.
Setelah klik Proses Pembayaran, silakan Anda melanjutkan proses pembayaran tersebut sesuai dengan Tipe Pembayaran yang Anda pilih.
Sampai di sini dulu yang dapat saya sampaikan, silakan Anda mencobanya di K-Link Digital Store .
Semoga berjaya !!! Jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom, kritik maupun saran, silakan tulis dikolom komentar.
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Contoh Soal UAS 1 Bahasa Jawa Kelas 6
Nutrisi untuk pertumbuhan bagi anak-anak. Mengandung Cod Liver Oil dan Omega 3
PEMERINTAH KABUPATEN ..........
DINAS PENIDIKAN, ................
Alamat ..........................................................
------------------------------------------------------------------------------------
PENILAIAN AKHIR SEMESTER SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN .................
Mata Pelajaran : Bahas Jawa
Kelas : 6
Hari/Tanggal : ...............
Waktu : ...............
SOAL
Wacan kanggo soal nomer 1 - 9.
Wektu iku aku didhawuhi Bapak supaya nekani adicara kendhurenan ing daleme Pak Daryanto, sesepuh ing kampungku. Ing daleme Pak Daryanto, bapak-bapak ing Rt ku wis padha kumpul kanthi lenggah ing klasa. Klas kang dilenggahi bapak-bapak iku mau digelar ing ruwang tengah. Anggone lenggah mau tumata rapi, lenggah jejer pesagi ngubengi ambeng sing uga ditata jejer. Ambeng-ambeng iku diwadhahi baskom. Ana sing baskom plastik, ana uga sing baskom seng. Ambeng-ambeng iku dumadi saka sega kang dhuwure ditatani lawuh maneka warna. Kanggo misahake sega lan lawuh, ing dhuwur sega diwenehi lemek kertas, godhong gedhang utawa plastik. Lawuh-lawuh sing tumumpang ing dhuwur sega mau ditata kanthi rapi. Sing wujud jangan ana sing diwadhahi takir, sudi utawa lepek, dene lawuh gorengan tempe, gereh, peyek, entho-entho (rempah) cukup ditata kanthi rapi mubeng manut wujude lemek. Ing dhuwur lawuh isih diwenehi tutup. Godhong gedhang, bujur, utawa koran dadi tutup ambeng-ambeng iku.
Ing antarane bapk-bapak sing lenggah mau, ana priyayi sing lenggah ing pojok adoh karo lawang omah iku. Priyayi iku dadi sepuh ngagem kupluk, ya priyayi iku sing mimpin donga ing kendhurenan. Priyayi iku mau lumrah diarani kaum. Lumrahe kaum iku wasis bab ilmu agama.
Kaum mau miwiti donga sawise rombongan kendhurenan dianggep wis kumpul kabeh. Sadurunge donga, kaum ngandharake tujuan dianakake kendhurenan. Maksude ora liya nyuwun keslametan, karukunan lumrah warga lan kaluwargane sing padha ngumpul. Donga rampung, tutup-tutup ambeng dibuka kanthi mardika warga-warga kang kumpul padha ngandhapi ambeng sing ana ngarep. Bisa milih ambenge tanggane. Rampung ngandhapi ambeng banjur padha kondur.
Wacan kanggo soal nomer 1 - 9.
Kendhurenan
Wektu iku aku didhawuhi Bapak supaya nekani adicara kendhurenan ing daleme Pak Daryanto, sesepuh ing kampungku. Ing daleme Pak Daryanto, bapak-bapak ing Rt ku wis padha kumpul kanthi lenggah ing klasa. Klas kang dilenggahi bapak-bapak iku mau digelar ing ruwang tengah. Anggone lenggah mau tumata rapi, lenggah jejer pesagi ngubengi ambeng sing uga ditata jejer. Ambeng-ambeng iku diwadhahi baskom. Ana sing baskom plastik, ana uga sing baskom seng. Ambeng-ambeng iku dumadi saka sega kang dhuwure ditatani lawuh maneka warna. Kanggo misahake sega lan lawuh, ing dhuwur sega diwenehi lemek kertas, godhong gedhang utawa plastik. Lawuh-lawuh sing tumumpang ing dhuwur sega mau ditata kanthi rapi. Sing wujud jangan ana sing diwadhahi takir, sudi utawa lepek, dene lawuh gorengan tempe, gereh, peyek, entho-entho (rempah) cukup ditata kanthi rapi mubeng manut wujude lemek. Ing dhuwur lawuh isih diwenehi tutup. Godhong gedhang, bujur, utawa koran dadi tutup ambeng-ambeng iku.
Ing antarane bapk-bapak sing lenggah mau, ana priyayi sing lenggah ing pojok adoh karo lawang omah iku. Priyayi iku dadi sepuh ngagem kupluk, ya priyayi iku sing mimpin donga ing kendhurenan. Priyayi iku mau lumrah diarani kaum. Lumrahe kaum iku wasis bab ilmu agama.
Kaum mau miwiti donga sawise rombongan kendhurenan dianggep wis kumpul kabeh. Sadurunge donga, kaum ngandharake tujuan dianakake kendhurenan. Maksude ora liya nyuwun keslametan, karukunan lumrah warga lan kaluwargane sing padha ngumpul. Donga rampung, tutup-tutup ambeng dibuka kanthi mardika warga-warga kang kumpul padha ngandhapi ambeng sing ana ngarep. Bisa milih ambenge tanggane. Rampung ngandhapi ambeng banjur padha kondur.
1. Kang nduweni jejibahan mimpin donga ana ing adicara mau yaiku ....
a. Ketua RT b. Kaum c. Pak Daryanto d. priyayi
2. Isi pokok paragrap sepisan yaiku ....
a. Anggone lenggah mubeng kaya bnderan
b. Lawuh-lawuh ditata rapi ing baskom liyane
c.Lawuh-lawuh awujud gorengan ditutup plastik
d. Adicara kendhurenan dirawuhi dening warga RT
b. Lawuh-lawuh ditata rapi ing baskom liyane
c.Lawuh-lawuh awujud gorengan ditutup plastik
d. Adicara kendhurenan dirawuhi dening warga RT
3. Ambeng yaiku ....
a. Sega sing digawe lancip (bucu) ing adicara tirakatan
b. Werna-werna jajanan sing disuguhake ana ing upacara adat
c. Sega diwenehi werna-werna lawuh sing ditata ing dhuwure
d. Sega lan lawuh maneka warna sing ditata jejer ing adicara kendhurenan
b. Werna-werna jajanan sing disuguhake ana ing upacara adat
c. Sega diwenehi werna-werna lawuh sing ditata ing dhuwure
d. Sega lan lawuh maneka warna sing ditata jejer ing adicara kendhurenan
4. Tembung "tumumpang" kadadeyan saka tembung lingga ... kang oleh seselan ....
5. Tujuan dianakake kendhurenan yaiku amrih warga lan kaluwargane tansah kaparingan ....
6. Adicara kendhurenan dilaksanakake ing ....
7. Lawuh sing diwadhahi takir utawa lepek yaikusing awujud ....
8. Gaweya ukara kanthi tembung wasis kang amot paling sethithik 5 tembung kanthi migunakake
basa krama!
basa krama!
9. Wenehana panyaruwe adhedhasar wacan ing dhuwur!
Kanggo nggarap soal nomer 10 - 18, wacanen carita wayang ing ngisor iki kanthi premati!
Raden Gathutkaca satriya ing Pringgondani tiniban sampur dadi senopatining perang Bharatayuda saka trah Pandhawa. Sadurunge manjing perang, dheweke tumuli ngadhep marang ibune kang aran Dewi Arimbi kanggo njaluk pangestu supaya tansah lancar kalis ng rubeda nir ing sambikala.
"Ngger putraku, sing ati-ati. Pangestune Ibu mbayu mili. Muga-muga kasembadan sedyamu."
Sawise oleh pangestu saka ibune, Gathutkaca age-age tumuju ana palagan Kurusetra dikantheni wadyabala kang akeh, kayata Brajawikalpa, Brajalamatan, lan Prababeksa. Ora duwe rasa wedi getih babar pisan. Raden Gathutkaca mabur amarga ngagem Kotang Antakusuma. Gathutkaca uga ngagem Caping Basunanda kanggo ngayomi saka udan lan panas, ngagem tesmak Suryajanta kang bisa ndadekake netrane sumorot lir baskara kembar.
Paprangan dumadi ing wayah bengi. Para prajurit padha nggawa obor, ndadekake tegal Kurusetra kaya karang abang kang padhang njingglang ananging hawane panas. Wadyabala Kurawa akeh kang padha nemahi pralaya. Adipati Karna kang dadi senopatine Kurawa, age-age menthang langkap jemparinge. Prajurit Pandhawa padha salang tunjang. Raden Gathutkaca nuli ngamuk, ngobrak-abrik wadyabala Kurawa.
Perange rame banget, jalaran padha sektine. Gathotkaca ngendelake anggone bisa mabur tanpa elar. Saben arep diwales, mabur saya dhuwur. Suwe-suwe Adipati Karna panas atine mula banjur namakake gaman kang ampuh awujud panah kang aran Kyai Kuntawijayadanu. Panah bisa mlesat nganti langit sap pitu ngoyah Raden Gathutkaca. Panah mau bisa nggoleki dhewe amarga kasurung dening rohe Kalabendana, pamane Gathutkaca, kang duksamana seda dening Gathutkaca najan ora sengaja.
Kacarita menawa rangkane Kyai Kunta manjing ana ing ragane Gathutkaca nalika bubar dienggo medhot pusere. Lakune panah kang kasurung dening Kalabendana mau tumuju menyang wadhahekang ndadekake Gathutkaca gugur.
Kanggo nggarap soal nomer 10 - 18, wacanen carita wayang ing ngisor iki kanthi premati!
Gathutkaca Gugur
Raden Gathutkaca satriya ing Pringgondani tiniban sampur dadi senopatining perang Bharatayuda saka trah Pandhawa. Sadurunge manjing perang, dheweke tumuli ngadhep marang ibune kang aran Dewi Arimbi kanggo njaluk pangestu supaya tansah lancar kalis ng rubeda nir ing sambikala.
"Ngger putraku, sing ati-ati. Pangestune Ibu mbayu mili. Muga-muga kasembadan sedyamu."
Sawise oleh pangestu saka ibune, Gathutkaca age-age tumuju ana palagan Kurusetra dikantheni wadyabala kang akeh, kayata Brajawikalpa, Brajalamatan, lan Prababeksa. Ora duwe rasa wedi getih babar pisan. Raden Gathutkaca mabur amarga ngagem Kotang Antakusuma. Gathutkaca uga ngagem Caping Basunanda kanggo ngayomi saka udan lan panas, ngagem tesmak Suryajanta kang bisa ndadekake netrane sumorot lir baskara kembar.
Paprangan dumadi ing wayah bengi. Para prajurit padha nggawa obor, ndadekake tegal Kurusetra kaya karang abang kang padhang njingglang ananging hawane panas. Wadyabala Kurawa akeh kang padha nemahi pralaya. Adipati Karna kang dadi senopatine Kurawa, age-age menthang langkap jemparinge. Prajurit Pandhawa padha salang tunjang. Raden Gathutkaca nuli ngamuk, ngobrak-abrik wadyabala Kurawa.
Perange rame banget, jalaran padha sektine. Gathotkaca ngendelake anggone bisa mabur tanpa elar. Saben arep diwales, mabur saya dhuwur. Suwe-suwe Adipati Karna panas atine mula banjur namakake gaman kang ampuh awujud panah kang aran Kyai Kuntawijayadanu. Panah bisa mlesat nganti langit sap pitu ngoyah Raden Gathutkaca. Panah mau bisa nggoleki dhewe amarga kasurung dening rohe Kalabendana, pamane Gathutkaca, kang duksamana seda dening Gathutkaca najan ora sengaja.
Kacarita menawa rangkane Kyai Kunta manjing ana ing ragane Gathutkaca nalika bubar dienggo medhot pusere. Lakune panah kang kasurung dening Kalabendana mau tumuju menyang wadhahekang ndadekake Gathutkaca gugur.
10. Kacarita menawa ragane Kyai Kunta manjing ana ing ragane Gathutkaca nalika bubar dienggo medhot pusere. Tembung kang kacithak kandel tegese ....
a. mlebu b.budhal c. teka d. mangkat
11. Tumindak sing trep karo pesen ana ing paragrap1 kanggone bocah sekolahyaiku ....
a. Menawa arep lelungan perlu njaluk sangu supaya bisa jajan sing cukup
b. Sadurunge mangkat sekolah becike mbiyantu Ibu nyapu jogan
c. Pamit lan njaluk donga marang wong tuwa menawa arep mangkat sekolah
d. Sregep ngrewangi bapak utawa ibu lan seneng perang kaya Gathutkaca
b. Sadurunge mangkat sekolah becike mbiyantu Ibu nyapu jogan
c. Pamit lan njaluk donga marang wong tuwa menawa arep mangkat sekolah
d. Sregep ngrewangi bapak utawa ibu lan seneng perang kaya Gathutkaca
12. Paprangan dumadi ing wayah bengi.
Ukara pitakon kang trep kanggo wangsulan ing dhuwur yaiku ....
Ukara pitakon kang trep kanggo wangsulan ing dhuwur yaiku ....
a. Kepriye kahanane Tegal Kurusetra?
b. Ana ngendi panggonane perang Baratayuda?
c. Tumeka wayah apa rampunge paprangan?
d. Kapan dumadining paprangan Baratayuda?
b. Ana ngendi panggonane perang Baratayuda?
c. Tumeka wayah apa rampunge paprangan?
d. Kapan dumadining paprangan Baratayuda?
13. Tegese tembung "panas atine" ana ing wacan dhuwur yaiku ....
14. Gunane pusaka Kotang Antakusuma yaiku supaya Gathutkaca bisa ....
15. Kang dilakoake Kalabendana yaiku ... lakune panah tumuju menyang wadhahe kang ndadekake
Gathutkaca gugur.
Gathutkaca gugur.
17. Paprangan dumadi ing wayah bengi. Para prajuri padha nggawa obor, ndadekake Tegal Kurusetra
kaya karang abang kang padhang njingglang ananging hawane panas. Wenehana
panyaruwe/tanggapan gegayutan karo kedadeyan ing dhuwur ....
kaya karang abang kang padhang njingglang ananging hawane panas. Wenehana
panyaruwe/tanggapan gegayutan karo kedadeyan ing dhuwur ....
18. Perang rame banget, jalaran padha sektine.
Salinen ukara ing dhuwur mawa basa krama!
Kanggo nggarap soal nomer 19-27, wacanen carita ing ngisor iki kanthi premati!
Nalika semaa aku nonton pasar malem bareng ibu, eyang, lan Sodri, adhiku sing cilik dhewe. Sajane wiwit jam papat sore wis bukak. Nanging sengaja mangkat jam setengah wolu, bubar sholat Isya'. Ibu ora ngasta motor amarga panggonane cedhak.
Tekan kana adhiku nggedros njaluk numpak kurungan mubeng utawa sering diarani bianglala bareng aku. Sajane aku ora pati seneng nanging kanggo mbombongi adhiku kepeksa aku gelem.
Sawektu ana ing puncak aku weruh ana bakul bonekasing pancen wis suwe dakkepengini. Sawise mandheg, aku age-age tumuju menyang bakul boneka nganti lali menawa wektu iku bareng adhiku. Ora suwe nggonku milih amarga wiwit saka bianglala wis daktiteni bonekane. Regane selawe ewu. Wektu semana aku digawani ibu dhuwit telung lembar.
Nalika arep mbayar, larap-larp krungu swara tangis bocah. Sajake kaya swra adhiku. Age-age aku ngetokake dhuwit saka sak rong lembar banjur mlayu nuju swarane tangis. Bener, menawa sing nangis kuwi Sodri. Aku rumangsa luput banjur ngeneng-nengi lan njaluk ngapura. Adhiku banjur meneng. Atiku bungah ananging terus kaget marga ana wong sing ngluthik pundhak.
"Wonten napa, Pak?" Jebule sing ngluthik mau bakul boneka.
"Le mbayar nembe pitungewu, Dhik!" ngendikane bakule karo nudhuhake dhuwite. Sawise dakteliti dhuwit rong lembar mau dhuwit rongewu karo limangewu. Aku isin banget nuli njaluk ngapura.
Salinen ukara ing dhuwur mawa basa krama!
Kanggo nggarap soal nomer 19-27, wacanen carita ing ngisor iki kanthi premati!
Kleru Bayar
Nalika semaa aku nonton pasar malem bareng ibu, eyang, lan Sodri, adhiku sing cilik dhewe. Sajane wiwit jam papat sore wis bukak. Nanging sengaja mangkat jam setengah wolu, bubar sholat Isya'. Ibu ora ngasta motor amarga panggonane cedhak.
Tekan kana adhiku nggedros njaluk numpak kurungan mubeng utawa sering diarani bianglala bareng aku. Sajane aku ora pati seneng nanging kanggo mbombongi adhiku kepeksa aku gelem.
Sawektu ana ing puncak aku weruh ana bakul bonekasing pancen wis suwe dakkepengini. Sawise mandheg, aku age-age tumuju menyang bakul boneka nganti lali menawa wektu iku bareng adhiku. Ora suwe nggonku milih amarga wiwit saka bianglala wis daktiteni bonekane. Regane selawe ewu. Wektu semana aku digawani ibu dhuwit telung lembar.
Nalika arep mbayar, larap-larp krungu swara tangis bocah. Sajake kaya swra adhiku. Age-age aku ngetokake dhuwit saka sak rong lembar banjur mlayu nuju swarane tangis. Bener, menawa sing nangis kuwi Sodri. Aku rumangsa luput banjur ngeneng-nengi lan njaluk ngapura. Adhiku banjur meneng. Atiku bungah ananging terus kaget marga ana wong sing ngluthik pundhak.
"Wonten napa, Pak?" Jebule sing ngluthik mau bakul boneka.
"Le mbayar nembe pitungewu, Dhik!" ngendikane bakule karo nudhuhake dhuwite. Sawise dakteliti dhuwit rong lembar mau dhuwit rongewu karo limangewu. Aku isin banget nuli njaluk ngapura.
19. Pokok isi crita paragrap kaping siji yaiku ....
a. nonton pasar malem b. Ibu ora ngasta motor
c. Olehe mangkat gasik d. Panggonane pasar malem cedhak
a. nonton pasar malem b. Ibu ora ngasta motor
c. Olehe mangkat gasik d. Panggonane pasar malem cedhak
20. Geneya cepet olehe milih boneka?
a. Rumangsa wis nggawa dhuwit sing cukup
b. Krungu menawa adhine nangis seru
c. Bonekane wis dititeni nalika numpak bianlala
d. Saking senenge marga weruh sing dikepengini
a. Rumangsa wis nggawa dhuwit sing cukup
b. Krungu menawa adhine nangis seru
c. Bonekane wis dititeni nalika numpak bianlala
d. Saking senenge marga weruh sing dikepengini
21. Tokoh "aku" duwe watak kang ....
a. Welas asih marang sedulur b. Grusa-grusu olehe tumindak
c. Seneng gawe bombonging liyan d. Seneng tuku boneka
a. Welas asih marang sedulur b. Grusa-grusu olehe tumindak
c. Seneng gawe bombonging liyan d. Seneng tuku boneka
22. Wong-wong mau menyang pasar malem jam ....
23. Kang dadi topik utama crita ing dhuwur yaiku ....
24. Tekan kana adhiku nggedros jaluk numpak kurungan mubeng utawa sering diarani bianglala
bareng aku. Tembung kang kacithak kandel tegese ....
bareng aku. Tembung kang kacithak kandel tegese ....
25. Crita ing dhuwur kalebu pengalaman sing ....
26. Wektu semana aku semana aku digawani ibu dhuwit telung lembar.
Salinen ukara mau nganggo basa krama!
Salinen ukara mau nganggo basa krama!
27. Sebutna 2 (loro) pitutur luhur kang bisa kapethik saka crita ing dhuwur!
Kanggo nggarap soal nomer 28 - 35, gatekna tembang ing ngisor iki!
Padha gulangen ing kalbu,
Ing sasmita amrih lantip,
Aja pijer mangan nendra,
Kaprawiran den kaesthi,
Pesunen sariranira,
Sudanen dhahar lan guling.
Dadia lakunireku
Cegah dhahar lan guling
La aja kasukan-sukan
Anganggoa sawatawis
Ala watake wong suka
Nyuda prayitnaning batin
Kinanthi
Padha gulangen ing kalbu,
Ing sasmita amrih lantip,
Aja pijer mangan nendra,
Kaprawiran den kaesthi,
Pesunen sariranira,
Sudanen dhahar lan guling.
Dadia lakunireku
Cegah dhahar lan guling
La aja kasukan-sukan
Anganggoa sawatawis
Ala watake wong suka
Nyuda prayitnaning batin
28. "Nendra" tegese yaiku ....
a. nedha b. turu c. ati d. dhahar
a. nedha b. turu c. ati d. dhahar
29. Pada 2 paring pitedhah kangge manungsa supados ....
a. gesang ansah seneng, boten perlu didhamel susah
b. boten pareng dhahar lan sare
c. ngulinaaken lampah prihatos
d. ngirangi priyatnaning batos
a. gesang ansah seneng, boten perlu didhamel susah
b. boten pareng dhahar lan sare
c. ngulinaaken lampah prihatos
d. ngirangi priyatnaning batos
30. Tembung ing tembang Kinanthi ing dhuwur kang nduweni teges manah yaiku tembung ....
31. Akibate wong kang kebanjur marang kasenengan bisa ... kawaspadaning batin.
32. Lan aja kasukan-sukan.
Tegese yaiku lan dadi wong aja nganti keladuk olehe ....
Tegese yaiku lan dadi wong aja nganti keladuk olehe ....
33. Guru wilangan lan guru lagu gatra kaping loro yaiku ....
34. Apa tegese ing sasmita amrih lantip?
35. Kepriye carane nggladhi manah supaya lantip ing sasmita?
--------------------------------------
Selamat mengerjakan!
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Contoh soal mulok Dawet Ayu Banjarnegara Kelas 6 Smt1-a
Nutrisi untuk pertumbuhan bagi anak-anak. Mengandung Cod Liver Oil dan Omega 3
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PEMERINTAH KABUPATEN ..........
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
PEMERINTAH KABUPATEN ..........
DINAS PENIDIKAN, ................
Alamat ..........................................................
------------------------------------------------------------------------------------
PENILAIAN AKHIR SEMESTER SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN .................
Mata Pelajaran : Mulok Dawet Ayu Banjarnegara
Kelas : 6
Hari/Tanggal : ...............
Waktu : ...............
SOAL
1. Makanan yang dapat dikreasikan dengan dawet ayu adalah ....
a. bakwan b. lontong c. ketan hitam d. nasi uduk
2. Bahan dasar membuat dawet ayu merah naga adalah ....
a. naga merah b. semangka c. melon d. mangga
3. Nama lain dari cairan gula merah adalah ....
a. santan b. juruh c. cendol d. gula aren
4. Dawet Ayu Banjarnegara Campur Biji Salak adalah dawet ayu yang dikreasikan dengan ....
a. naga meah b. biji salak c. bubur d. ubi jalar
5. Bahan utama untuk membuat juruh adalah ....
6. Pada langkah pembuatan cendol dicetak menggunakan alat ....
7. Sebutkan bahan-bahan dasar untuk membuat Dawet Ayu Banjarnegara with Chocolate Ice Cream!
8. Langkah-langkah membuat biji salak
a. kupas ubi dan kukus hingga lunak
b. haluskan ubi yang telah dikukus hingga lembut
c. .....................................
d. setelah itu uleni hingga adonan kalis
e. ....................................
f. masukkan bulatan tersebut ke dalam air mendidih hingga matang (terapung)
g. ...................................
Lengkapilah langkah-langkah pembuatan biji salak di atas!
9. Jelaskan langkah-langkah penyajian Dawet Ayu Banjarnegara Merah Naga!
10. Seorang pedagang menjual barangnya lebih murah dari pedagang lain tetapi masih mendapatkan keuntungan, artinya pedagang tersebut menerapkan strategi ....
a. timing b. pangsa pasar c. manajemen harga d. ide kreatif
11. Menjual dawet ayu lebih banyak pada musim kemarau atau cuaca panas termasuk penerapan strategi pemasaran yaitu ....
a. timing b. pangsa pasar c. manajemen harga d. ide kreatif
12. Untuk mengantisipasi semakin banyaknya pedagang dawet ayu maka Pak Amin selalu berpikir supaya dagangannya tetap laku. Dari kasus tersebut Pak Amin menerapkan strategi pemasaran yaitu ....
a. angsa pasar b. ide kreatif c. distribusi d. timing
13. Tujuan penjual dawet ayu berjualan di tempat yang ramai adalah karena banyak ....
14. Pedagang harus menarik perhatian pembeli dengan melakukan strategi pemasaran yaitu ....
15. Perhatikan data berikut ni!
Berdasarkan kondisi keinginan konsumen seperti di atas maka penjual dawet ayu harus menerapkan strategi pemasaran yaitu ....
16. Pak Amin memberikan bonus 1 gelas untuk setiap pembelian 4 gelas dawet ayu. Strategi yang digunakan Pak Amin adalah ....
17. Pedagang dawet ayu ingin menjual dawet ayu secara on line. Promosi yang tepat adalah menggunakan media ....
18. Pak Anto memberikan ciri khas bahan tambahan pada dawet yang dibuatnya. Strategi yang digunakan Pak Anto yaitu ....
19. Tempat yang tepat untuk berjualan dawet ayu dengan konsumen pengendara yang sedang bepergian adalah di ....
20. Mengetahui potensi siapa saja yang akan menjadi konsumen adalah termasuk strategi pemasaran yaitu ....
21. Pedagang dawet ayu menginginkan menjual produknya sampai ke luar kota bahkan luar negeri untuk meningkatkan pendapatan. Jelaskan strategi pemasaran yang tepat digunakan oleh pedagang tersebut dan berikan alasannya!
22. Apa yang kamu ketahui tentang strategi ide kreatif? Jelaskan!
23. Perhatikan gambar berikut!
Jelaskan manfaat dari melakukan strategi pemasaran seperti gambar di samping!
24. Jelaskan pengertian iklan out of home!
25 Salah satu kata asing yang digunakan untuk promosi adalah, kecuali ....
a. taste b. oishi c. fresh d. bad
26. Perhatikan tabel di bawah ini!
Pasangan kata asing dan artinya yang tepat ditunjukkan nomor ....
a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4
27. Perhatikan gambar berikut!
Media yang tepat digunakan untuk mempromosikan Dawet Ayu seperti gambar di atas adalah ....
a. televisi b. radio c. facebook d. youtube
28. Frais, Bon, agreable adalah bahasa promosi yang cocok digunakan di negara ....
29. Kalimat iklan "Dawet Ayu Banjarnegara ..." jika dilengkapi dengan kata berbahasa Inggris yang tepat adalah ....
30. Kalimat iklan "Dawet Ayu Banjarnegara Dezaato" memiliki arti Dawet Ayu Banjarnegara ....
31. "Dawet Ayu Banjarnegara sega" jika menggunakan bahasa Mandarin menjadi "Dawet Ayu ...."
32. Media sosial yang bisa digunakan untuk promosi dawet ayu adalah ....
33. Bagaimana cara kamu promosi dawet ayu ke luar negeri? Jelaskan !
34. Jelaskan secara singkat langkah-langkah melakukan promosi melalui Facebook!
35. Buatlah kalimat iklan dawet ayu dengan bahasa Jepang dan bahasa Arab!
--------------------------------------
Selamat mengerjakan! Semoga mendapat nilai 100
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Cara membuat Kotak Tisu dari bahan Koran Bekas
Kini semakin banyak barang-barang bekas bertebaran di sekitar kita. Jika barang-barang yang tidak terpakai dibiarkan begitu saja boleh jadi lama-kelamaan menimbulkan masalah baru. Untuk itu perlu penanganan yang serius terhadap barang-barang bekas atau yang lazim disebut sebagai sampah. Salah satu cara menangani hal tersebut adalah mendaur ulang menjadi barang baru. Kali ini saya sampaikan cara membuat kotak tisu ari bahan kertas koran bekas.
Berikut langkah-langkahnya.
Menyiapkan Alat dan Bahan
Untuk membuat kerajinan berupa kotak tisu dari bahan koran bekas tidak membutuhkan alat dan bahan yang terlalu banyak. Cukup dengan beberapa peralatan yang sederhana saja, asalkan dengan ketekunan dan sesuai dengan prosedur kotak tisu bisa dibuat. Adapun alat yang digunakan untuk membuat kotak tisu dari bahan koran bekas adalah:
1. Gunting
Gunting berguna untuk memotong kertas koran baik yang masih berupa lembaran maupun yang sudah dipilin atau digulung. Gunting yang digunakan harus kuat dan tajam. Jangan menggunakan gunting yang terlalu kecil atau terlalu tipis.
2. Pisau cutter
Pisau cutter berguna untuk memotong kotak susu dari kertas yang digunakan sebagai bentuk dasar dari kotak tisu yang dibuat. Perlu diperhatikan ketajaman dari mata pisau, karena mata pisau yang kurang tajam akan menghasilkan luka sayatan pada kertas tidak rapi.
3. Penggaris plat baja
Penggaris plat baja digunakan ketika memotong kotak susu agar sayatan pisau tidak melenceng. Digunakan penggaris dari bahan plat baja karena baja memiliki sifat keras sehingga walaupun bersinggungan dengan pisau tidak mudah terluka.
4 Pulpen
Pulpen digunakan untuk membuat pola pada kertas kotak susu yang sudah dibuka.
5. Lem pistol
Lem pistol atau lem lilin digunakan untuk menempelkan pilinan kertas koran pada dinding bagian luar kotak tisu yang telah dirakit. Dalam menggunakan lem pistol perlu memperhatikan kecepatan agar diperoleh hasil yang memuaskan.
Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kotak tisu adalah:
1. Kertas koran bekas
Seperti namanya, koran bekas tentunya menjadi bahan yang utama. Benda ini sangat mudah didapatkan. Bagi yang berlangganan koran tentunya tidak ada kendala untuk mendapatkannya. Namun bagi yang tidak berlangganan koran bisa mendapatkannya dari tukang tukang loak ataupun dari pasar tradisional, karena sekarang sudah banyak yang menjual koran bekas di pasar tradisional. Di pasar koran biasanya digunakan untuk membungkus barang yang telah dibeli.
2. Kotak susu dari kertas
Kotak susu yang digunakan sebaiknya yang cukup tebal dan agak kuat supaya mudah dalam membuat bentuk kotak. Benda ini bisa didapatkan dari saudara atau tetangga yang memiliki anak kecil. Biasanya benda ini setelah digunakan isinya terus dibuang begitu saja oleh pemiliknya atau dibakar sehingga kita bisa mendapatkannya secara cuma-cuma. Tinggal baik-baiklah kita dengan saudara maupun tetangga dekat. hehe..
3. Lem kertas
Lem kertas digunakan untuk menempelkan gulungan pada kotak dari bekas susu setelah dibentuk menjadi kotak tisu.
4. Cat
Berbagai cat ada pasar sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya. Namun kita perlu memilih jenis cat yang kita sukai.
Cara membuatnya:
Setelah menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan, tahap berikutnya adalah langkah pembuatan. Bagaimana caranya?
Membuat kotak tisu dari bahan koran bekas hanya memerlukan beberapa langkah, yaitu:
1. Membuat gulungan dan dan pilinan
Saya anjurkan untuk memulai langkah pembuatan kita membuat gulungan kecil-kecil serta pilinan.
a. Membuat gulungan
Untuk membuat gulungan dimulai dengan memotong kertas koran. Caranya adalah satu lembar kertas koran dibagi menjadi empat bagian yang sama besar. Arah memotongnya adalah secara vertikal dan horizontal.
Selanjutnya setiap satu bagian dari potongan tersebut digulung. Untuk mengunci agar gulungan tidak terbuka bisa digunakan sedikit lem kertas. Dengan demikian satu gulungan sudah dibuat. Lakukan pembuatan gulungan sebanyak mungkin. Untuk membuat satu buah kotak tisu diperlukan sekitar seratus gulungan kecil.
b. Membuat pilinan
Setelah membuat gulungan, langkah selanjutnya adalah membuat pilinan. Caranya dengan memotong satu lembar koran menjadi delapan bagian sama besar dengan arah memotong secara horizontal.
Kemudian ambil dua bagian dari potongan kertas tersebut untuk dipilin searah putaran jarum jam sehingga membentuk pilinan tali seperti tali yang biasa digunakan untuk mengikat hewan ternak. Buat pilinan sebanyak mungkin sesuai keperluan.
2. Membuat sketsa
Setelah membuat gulungan dan pilinan, langkah selanjutnya kotak bekas susu dilanjutkan membuat sketsa pada lembaran bekas kotak susu tersebut. Sketsa dibuat menggunakan pulpen dan penggaris.
3. Memotong bahan
Setelah sketsa dibuat selanjutnya dilakukan pemotongan, yaitu:
a. Memotong lembaran kertas kotak susu sesuai sketsa yang sudah dibuat.
b. Memotong gulungan kecil sesuai ukuran yang dikehendaki.
c. Memotong pilinan sesuai ukuran yang dikehendaki.
Ukuran yang dimaksud disesuaikan dengan ukuran tisu yang ada di pasar, sehingga memungkinkan tisu bisa masuk ke dalamnya namun tidak longgar.
4. Merakit
menyusun kerangka dasar,
Lembaran kertas kotak susu yang sudah dipotong sesuai sketsa selanjutnya dibentuk menjadi kotak yang merupakan kerangka dasar kotak tisu yang akan dibuat. Lembaran tersebut ditekuk pada garis-garis yang telah dibuat, selanjutnya dilem menggunakan lem kertas.
menempel gulungan dan pilinan,
Setelah kerangka kotak dibuat selanjutnya menempel gulungan kecil-kecil serta pilinan yang telah dipotong sesuai ukuran pada bagian luar dari sisi kotak. Untuk mendapatkan tempelan yang kuat menggunakan lem pistol.
5. Mengecat,
Setelah kotak tisu baru selesai dibuat, untuk mempercantik hasil karya sekaligus untuk memperkuat, dilakukan pengecatan. Untuk pengecatan kita bisa memilih warna sesuai keinginan dan kesukaan. Begitu pula jenis cat yang digunakan.
Setelah kotak tisu dari bahan koran bekas selesai dibuat dilanjutkan langkah pemasaran bagi yang berniat menjadikannya sebagai bisnis. Namun bagi yang tidak berminat pada bisnis bisa menjadikannya penghias ruangan yang bermanfaat.
Selamat mencoba dan selamat menikmati,
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Contoh Soal UTS 1 IPA
|
PEMERINTAH
KABUPATEN ..................
DINAS PENDIDIKAN PEMUDADAN OLARAGA
UPT
DINDIKPORA KECAMATAN ..................
SD NEGERI ....................
Alamat
: Jl. .............................
|
Ulangan
Tengah Semester (UTS)
Tahun
Pelajaran 20...... – 20...
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kelas/
Semester : IV (Empat)/ 1 (Satu)
Hari/ Tanggal :
..................................
Waktu :
90 menit
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d
di depan jawaban yang paling tepat !
1.
Berikut ini yang bukan merupakan fungsi rangka adalah ….
a. membentuk tubuh c.
tempat melekatnya otot
b. membentuk daging d. menegakkan tubuh
2.
Tulang anggota gerak tubuh bagian atas dan bawah disebut ….
a. rangka poros c. rangka anggota tubuh
b. rangka tubuh d. rangka anggota gerak
3.
Sendi engsel terdapat pada ….
a. ibu jari c. siku
b. tumit d.
pinggul
4.
Setiap persendian kita dapat digerakkan dengan bantuan ….
a. kulit c.
otot
b. daging d.
perasaan
5.
Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tiga, yaitu ….
a. tulang kepala, tulang tubuh, dan
tulang anggota gerak
b. tulang tengkorak, tulang belakang,
dan tulang anggota gerak
c. tulang pipa, tulang pipih, dan
tulang pendek
d. tulang poros, tulang anggota gerak
atas, dan tulang anggota gerak bawah
6.
Tulang rusuk membentuk semacam sangkar yang disebut ….
a. rongga dada c. rongga rusuk
b. rongga badan d. rongga
depan
7.
Bagian rangka yang melindungi jantung dan paru-paru adalah ….
a. tulang rusuk c.
tulang betis
b. tulang selangka d. tulang
panggul
8.
Kelainan akibat tulang punggung membungkuk ke samping (ke kanan dan ke
kiri) disebut ….
a. kifosis c. skoliosis
b. lordosis d. sinapsis
9.
Cacat rabun jauh (miopi) dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa
….
a. datar c. cekung
b. cembung d. cekung-cembung
10. Bagian mata yang dapat didonorkan
adalah ….
a. lensa mata c. kornea
b. retina d. iris
11. Menggunakan alat peraba, kita akan
dapat mengenal benda tentang ….
a. warnanya c. kasar-halusnya
b. berat-ringannya d.
jauh-dekatnya
12. Kulit paling luar pada tubuh kita
adalah ….
a. kulit jangat c.
epidermis
b. kulit ari d. hipodermis
13. Untuk melihat benda-benda yang sangat
kecil digunakan ….
a. teleskop c. stetoskop
b. periskop d. mikroskop
14. Bagian tengah dan bagian telinga luar
dibatasi oleh ….
a. daun telinga c.
selaput gendang
b. rumah siput d.
saluran eustachius
15. Bunyi yang dapat kita dengar adalah
bunyi yang frekuensinya antara ….
a. 20 – 20.000 Hz c. 20 –
30.000 Hz
b. 40 – 20.000 Hz d. 40 –
30.000 Hz
16. Tumbuhan yang berbiji belah umumnya
mempunyai akar ….
a. serabut c. isap
b. tunggang d. gantung
17. Contoh tumbuhan yang berbatang,
beruas, dan berongga adalah ….
a. padi dan jagung c. bambu dan
padi
b. bambu dan kelapa d. kelapa dan
jagung
18. Bagi kehidupan manusia, tumbuhan
merupakan ….
a. sumber makanan c. sumber bahan
bakar
b. tempat berteduh d. bahan
dagangan
19. Tumbuhan yang berkeping dua mempunyai
akar ….
a. serabut c. isap
b. tunggang d. gantung
20. Daun selalu tumbuh dari ….
a. akar c. buah
b. batang d. kelopak
21. Bagian pohon pepaya yang dijadikan
bahan sayur adalah ….
a. akar c. batang
b. daun d. biji
22. Daun yang biasa digunakan untuk
penyedap masakan adalah ….
a. daun pandan, salam, jeruk c. daun salam, jambu mete
b. daun jeruk, seledri, pepaya d. daun pandan, kubis, sawi
23. Bagi manusia, batang tumbuhan dapat
dibuat ….
a. penopang daun c. penyimpan
makanan
b. bahan meubel d. bahan
alat-alat mobil
24. Fungsi utama bunga adalah ….
a. alat perkembangbiakan c. penyimpan makanan
b. penopang tumbuhan d. penguapan
25. Bagian yang paling indah dari bunga
adalah ….
a. putik c. benang sari
b. mahkota d. tangkai
II. Isilah titik-titik di bawah ini denga jawaban
yng tepat !
26. Sendi yang terdapat di lutut adalah sendi .....
27. Selain untuk melindungi organ tubuh, rangka juga berguna untuk ....
28. Penyakit rakhitis disebabkan karena kekurangan vutamin .....
29. Sendi yang berada diantara tulang leher yang pertama dan kedua disebut
tulang ....
30. Orang yang menderita rabun jauh (miopi) harus menggunakan kacamata
berlensa ....
31. Penyakit yang dapat menyerang telinga adalah .... dan ....
32. Bagian bunga yang mempunyai warna yang indah adalah ....
33. Akar yang terdiri atas satu akar besar adalah akar ....
34. Alat kelamin jantan pada tumbuhan adalah ....
35. Daun
yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan adalah ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan
jawaban yang benar !
36.
Sebutkan bagian-bagian tumbuhan ?
37.
Sebutkan tiga contoh tumbuhan yang berakar serabut!
38.
Sebutkan fungsi utama batang bagi tumbuhan!
39.
Sebutkan tiga macam gangguan tulang!
40.
Jelaskan fungsi gerakan berkedip pada kelopak mata!
~
selamat bekerja ~
download soal
Penulis adalah seorang pendidik di lingkungan Dindikpora kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak 2009.
Riwayat pendidikan
D II (2007)
S1. (2011)
Riwayat pekerjaan
2009-2017 di SD Negeri 1 Sinduaji
2017-sekarang di SD Negeri 2 Beji
Aktif di blogger sejak 2013.
Langganan:
Postingan (Atom)