RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 5. Mendengarkan
Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
Waktu : 2 X 35
menit
Kompetensi
Dasar
5.1 Menyimpulkan isi berita yang
didengar dari televisi atau radio
A.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan berita yang
didengar dari televisi atau radio
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai
dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
§ Siswa dapat Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi
atau radio
§ Siswa dapat Menceritakan kembali judul
yang didengar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
B.
Materi Pokok
§ Berita
C.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang berita dan drama
pendek
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan berita yang didengar dari
televisi atau radio
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita
yang didengar dari televisi atau radio
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan Judul berita yang didengar dari
televisi atau radio
F
Menceritakan kembali judul yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Siswa
dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F
Siswa
diberi tugas untuk Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau
radio
D.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum
2006 KTSP
E.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa
dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
· Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau
radio
· Siswa
dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
·
Siswa dapat menceritakan kembali judul yang
didengar
|
·
Lisan
·
Tertulis
· Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
· Jawablah
pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio!
·
Tentukan-lah
Judul berita yang didengar dari televisi atau radio!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar